Advertisement

Kesiapan PTM di Sleman, Seminggu Masuk Dua Hari

Lugas Subarkah
Kamis, 16 September 2021 - 08:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kesiapan PTM di Sleman, Seminggu Masuk Dua Hari Suasana PTM di SDN Serayu, Jogja, Rabu (28/4/2021). - Harian Jogja/Sirojul Khafid

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN-Kepala Dinas Pendidikan Sleman, Ery Widaryana telah menyampaikan laporan kesiapan sekolah dan laporan vaksinasi bagi guru dan siswa ke Bupati Sleman.

“Intinya kalau sekolah-sekolah itu sudah siap, terutama SMP,” ujarnya, Rabu (16/9/2021). 

Dari laporan tersebut Bupati Sleman akan mengambil kebijakan. Di samping itu, pihaknya juga tetap menunggu instruksi dari Gubernur DIY untuk memulai PTM, sehingga hingga saat ini Dinas Pendidikan Sleman belum menentukan tanggal dimulainya PTM.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Ia menjelaskan mekanisme PTM dilakukan secara terbatas dari sisi kapasitas. Dimulai dari tingkat SMP sebelum tingkat di bawahnya. “Seminggu hanya masuk dua hari. SMP maksimal tiga jam, SD dua jam. Pembagiannya separuh-separuh,” katanya.

Sistem ini akan terus dievaluasi saat sudah diterapkan, sehingga tidak menutup kemungkinan akan ada perkembangan setiap bulan. Adapun pelaksanaan PTM tidak serta-merta meninggalkan pembelajaran jarak jauh (PJJ), melainkan masih tetap dipakai untuk mendukung PTM.

Baca juga: DIY Akan Gelar Pembelajaran Tatap Muka, Ini Wanti-Wanti Epidemiolog UGM 

Kemudian bagi siswa yang akan mengikuti PTM harus mendapatkan izin dari orang tua. Jika belum diizinkan, maka sekolah akan memfasilitasi PJJ. Saat ini, sekolah juga tengah mengumpulkan surat persetujuan orang tua untuk pelaksanaan PTM.

Saat ini, ia memastikan vaksinasi untuk guru dan tenaga pendidik sudah lebih dari 90%. “Baik PAUD, SD, SMP, sudah 93-94 persen. Banyak sekolah yang sudah mencapai 100 persen. Kami data terus perkembangannya, karena yang belum vaksin punya komorbid atau terpapar sebelum tiga bulan,” ungkapnya.

Sedangkan untuk siswa tingkat SMP sudah mencapai sekitar 90% juga. Vaksinasi pada siswa ini akan dilanjutkan pada Kamis (16/9/2021) dilaksanakan di SMP N 1 Mlati dan SMP N 3 Kalasan, bagi siswa yang pada jadwal vaksinasi sebelumnya belum hadir. 

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Ini Dia 3 Anggota Baru Bawaslu DIY

Ini Dia 3 Anggota Baru Bawaslu DIY

Jogjapolitan | 7 hours ago

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Periksa 4 Pejabat BUMN Waskita Karya

News
| Selasa, 27 September 2022, 04:27 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement