Advertisement

DIY Akan Gelar Pembelajaran Tatap Muka, Ini Wanti-Wanti Epidemiolog UGM 

Lajeng Padmaratri
Rabu, 15 September 2021 - 18:17 WIB
Budi Cahyana
DIY Akan Gelar Pembelajaran Tatap Muka, Ini Wanti-Wanti Epidemiolog UGM  Para peserta didik sedang melakukan kegiatan dalam PTM hari pertama di SMKN 1 Jogja, Senin (19/4/2021). - Harian Jogja/Sirojul Khafid

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN - Epidemiolog Universitas Gadjah Mada (UGM) Bayu Satria Wiratama menyatakan jika pembelajaran tatap muka (PTM) di DIY akan dilakukan dalam waktu dekat, protokol kesehatan yang ketat harus diterapkan dan ditambah vaksinasi semua warga sekolah.

"Perlindungan terhadap Covid-19 itu berlapis, termasuk protokol kesehatan 5M dan vaksin. Tentu saja harus mempertimbangkan juga kondisi daerah yang sebenarnya dan kemampuan 3T daerah itu," ujarnya ketika dihubungi Harian Jogja pada Rabu (15/9/2021).

Advertisement

Ia mendorong tak hanya warga sekolah seperti guru, staf tenaga kependidikan, dan murid saja yang divaksinasi. Orang tua murid juga perlu segera mendapatkan vaksin sehingga risiko penularan di sekolah bisa menurun.

Meskipun demikian, dosen di Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK) UGM ini menyatakan vaksinasi bukan poin utama untuk menjadi aspek pemberlakuan PTM. Upaya vaksinasi harus tetap dibarengi dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

"Protokol kesehatan yang ketat ditambah vaksinasi, itu yang penting. Jangan sampai ada sekolah beranggapan bisa longgar protokolnya, karena merasa semua sudah divaksinasi," tegasnya.

Ia melanjutkan penerapan protokol kesehatan ini juga diiringi dengan upaya penanganan jika ada temuan kasus positif Covid-19 di lingkungan sekolah, baik itu murid, guru, dan staf non-guru. Bahkan, penanganan itu harus mendetail hingga kasus kontak erat.

"Yang positif atau kontak erat, ini harus detail penanganannya dan bekerjasama dengan puskesmas. Seperti misal isolasi lima hari jika kontak erat dan 10 hari jika positif," ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement