Kenalkan Kriya Jateng, Dekranasda Jawa Tengah Buka Ruang Pamer di Bandara Jogja

Suasana bandara Yogyakarta International Airport (YIA) pada Sabtu (1/5/2021). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo
22 September 2021 08:57 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, SOLO-Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Tengah akhirnya mempunyai ruang pamer tersendiri di Yogyakarta Internasional Airport (YIA). Dengan ini, diharapkan produk kerajinan Usaha Kecil Menengah (UKM) Jateng, lebih moncer dan menjadi pilihan buah tangan pelancong.

Ketua Dekranasda Jateng Siti Atikoh mengatakan pengadaan ruang pamer ini didukung penuh oleh Bank Jateng. Kerjasama berdurasi tiga tahun ini, dilakukan di sela acara UKM Virtual Expo (UVO) 2021 sesi dua, di Kantor cabang Bank Jateng Solo, Selasa (21/9/2021).

"Dengan kerjasama yang disupport Bank Jateng, akan ada space di Yogyakarta International Airport, untuk bisa memajang produk di airport," ujarnya dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Rabu (22/9/2021). 

Atikoh mengatakan, sebelum ada kerjasama ini, ruang pamer produk kerajinan asal Jawa Tengah bercampur dengan kriya asal DIY. Hal ini menjadi kendala terhadap "product knowledge" kriya Jateng.

"Harapannya airport kan ini pintu dari orang asing wisatawan atau orang bepergian kan strategis apabila kita bisa memasang produk di sana," imbuhnya.

Selain di Jogja, tempat promosi Dekranasda juga tersedia di Semarang. Dengan ini, Atikoh berharap produk kriya Jateng semakin dikenal dan dapat menyejahterakan perajin. (ADV)