Duta Sheila On 7 Ikuti Vaksinasi Covid-19 di RS PKU Gamping

Vokalis Duta Sheila On 7 saat mendapatkan vaksin Moderna di RS PKU Muhammadiyah Gamping, Minggu (26/9/2021). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak
26 September 2021 12:57 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Vokalis Band Sheila On 7, Duta menjadi salah seorang peserta vaksinasi Covid-19 Moderna yang digelar di RS PKU Gamping, Sleman, Minggu (26/9/2021).

Pria bernama asli Akhdiyat Duta Modjo ini datang bersama istrinya, Adelia Faturrahman atau Adelia Lontoh. Kedua anak mereka Aishameglio Duta Chiara dan Bima Al Ayman Modjo, juga disuntik vaksin yang sama.

Menurut Duta, ia mendatangi kegiatan vaksinasi tersebut karena selama ini ia dan keluarganya masih menunggu antrian vaksinasi yang dilakukan pemerintah. Meski sudah mengaku didata untuk vaksinasi di tingkat RT, namun hingga kini belum mendapatkan undangan untuk vaksinasi.

Baca juga: PeduliLindungi Mulai Diterapkan di Pasar Tradisional

Karena lama tidak ada kejelasan vaksinasi, Duta mendapatkan informasi dari salah seorang dokter di PKU Muhammadiyah sehingga iapun mendatangi kegiatan vaksinasi tersebut. "Sebenarnya saya kurang suka vaksinasi ke sentra vaksin karena itu sangat berpotensi menimbulkan kerumunan," katanya.

Namun karena panitia membatasi jumlah peserta sebanyak 500 orang dengan protokol kesehatan yang ketat, Duta pun mendatangi kegiatan vaksinasi. Duta mengaku tidak merasakan sakit saat diberi vaksin.

"Ya ini tujuannya untuk menjaga semuanya, saya dan semua warga. Meskipun sudah divaksin tetap jaga protokol kesehatan sebab dari referensi yang saya baca, vaksin saat ini hanya untuk mengurangi tingkat vatalitas saat terpapar Covid-19," ujarnya.

Baca juga: Pemerintah Pastikan Vaksin Dosis Ketiga Hanya untuk Nakes

Ketua Panitia Kegiatan Vaksinasi RS PKU Muhammadiyah Gamping Alita Bossa Rossila mengatakan target vaksinasi jenis Moderna untuk dosis pertama ini menyasar sebanyak 2.500 orang. PKU Gamping membagi 2.500 dosis tersebut dalam lima kali kegiatan meski tidak tiap hari.

"Jadi jumlah sasaran 500 orang perhari. Untuk menghindari kerumunan dan menjaga protokol kesehatan, kegiatan dibagi dalam lima kali, tapi tidak lima hari berturut-turut," katanya di sela sela kegiatan.

Dijelaskan Alita, vaksin Moderna ini diberikan kepada masyarakat dengan usia minimal 18 tahun ke atas. Penggunaannya juga diklaim aman untuk lansia, ibu hamil serta ibu menyusui. Efektivitas vaksin Moderna ini juga diklaim baik di atas 94,1%. "Tidak hanya warga DIY tetapi juga bagi luar DIY. Ini untuk dosia pertama bagi masyarakat dan booster bagi Nakes," katanya.