Advertisement

300 Pedagang & Pelaku Ekonomi Divaksin Covid-19  

Yosef Leon
Rabu, 29 September 2021 - 07:07 WIB
Maya Herawati
300 Pedagang & Pelaku Ekonomi Divaksin Covid-19    Vaksinasi massal kepada pedagang pasar tradisional, pekerja toko berjejaring, insan perdagangan dan juga perhotelan yang digelar di Pasar Prawirotaman, Jogja, Selasa (28/9). (Harian Jogja - Yosef Leon)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Bisnis Dinas Perdagangan (UPT Pusat Bisnis Disdag) Kota Jogja bersama Dinas Perdagangan dan Dinas Kesehatan menyelenggarakan vaksinasi massal kepada pelaku ekonomi di Kota Jogja, di Pasar Prawirotaman, Selasa (28/9).

Sebanyak 300 vaksin diinjeksikan kepada pedagang pasar tradisional, pekerja toko berjejaring, insan perdagangan dan juga perhotelan.

Advertisement

"Harapannya dengan vaksinasi ini dan karena melihat perkembangan Covid-19 juga sudah melandai ya, sehingga kami juga siapkan agar pelaku ekonomi khususnya di Jogja atau pasar, perdagangan dan wisata itu bisa tervaksin semua dan begitu sektor itu dibuka penuh semuanya sudah siap," kata Kepala UPT Pusat Bisnis Disdag Kota Jogja, Agung Dini Wahyudi Soelistyo, Selasa.

Agung mengatakan, peserta yang divaksin pada kesempatan itu tidak hanya yang berasal dari Kota Jogja saja, tetapi juga berasal dari luar daerah yang sehari-hari kerap beraktivitas di Kota Jogja. Dengan demikian, aktivitas pelaku ekonomi dapat lebih aman dan nyaman saat bertransaksi bagi para pelanggan.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Jogja, Yunianto Dwi Sutono menyebut cakupan vaksinasi kepada para pedagang pasar tradisional dan juga modern sejauh ini sudah sangat optimal. Rata-rata pusat perbelanjaan atau mal telah memvaksin 100% karyawan dan juga para tenant-nya. Sementara untuk pedagang tradisional, dari sekitar 13.000 yang terdata, hanya sekitar 800 orang yang belum divaksin.

"Sebenarnya vaksinasi pedagang kan sudah dilaksanakan pada saat Presiden Jokowi datang ke Jogja Maret lalu tapi memang belum maksimal. Sehingga yang belum itu diikutsertakan di Prawirotaman ini dan besok kalau masih ada yang belum lagi itu akan kita arahkan ke sentra vaksin," kata dia.

Termasuk Buruh Gendong

Yunianto memastikan cakupan vaksinasi yang diberikan tidak hanya kepada pedagang pasar namun juga bagi buruh gendong, manajemen, petugas kebersihan dan trantib yang kerap beraktivitas di area itu.

Sosialisasi kepada lurah juga sudah disampaikan agar lebih peduli dengan kegiatan vaksinasi ini. Mereka diminta untuk proaktif mendata pedagang dan warga pasar yang belum vaksin.

"Makanya jika ada kesempatan vaksin seperti ini kami juga ikutsertakan agar dari sektor ekonomi lain bisa ikut," ujar dia. (Yosef Leon)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement