Advertisement

BPPTKG: Guguran Lava dan Gempa Merapi Masih Cukup Tinggi

Lugas Subarkah
Sabtu, 02 Oktober 2021 - 20:47 WIB
Bhekti Suryani
BPPTKG: Guguran Lava dan Gempa Merapi Masih Cukup Tinggi Gunung Merapi dilihat dari Jurangjero, Srumbung, Kabupaten Magelang, 7 Januari 2021. - Harian Jogja/Nina Atmasari

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN-Meski tidak teramati adanya awan panas, aktivitas erupsi Gunung Merapi masih cukup tinggi dengan terjadinya puluhan guguran lava pijar dan gempa dalam sepekan terakhir. Status Gunung Merapi pun sampai saat ini masih tingkat Siaga.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida, menjelaskan pada Sabtu (2/10/2021) teramati setidaknya 12 guguran lava pijar. “Dengan jarak luncur maksimal 1,5 km ke arah barat daya,” ujarnya.

Advertisement

Dalam laporan mingguan, selama sepekan Gunung Merapi mengeluarkan sebanyak 67 guguran dengan jarak luncur maksimal 1,8 km ke arah barat daya. Cuaca di sekitar Gunung Merapi umumnya cerah pada pagi dan malam hari. Sedangkan siang hingga sore berkabut.

Analisis morfologi pada kedua kubah lava juga masih menunjukkan adanya penambahan meski tidak signifikan. Saat ini volume kubah lava barat daya sebesar 1,6 juta meter kubik, sementara kubah lava tengah kawah sebesar 2,8 juta meter kubik.

“Intensitas kegempaan pada minggu ini masih cukup tinggi. Adapun deformasi Gunung Merapi yang dipantau menggunakan EDM [Electronic Distance Measurement] dan GPS pada minggu ini tidak menunjukkan perubahan yang signifikan,” ungkapnya.

BACA JUGA: Tinggal Ada Satu Isoter di Kota Jogja untuk Pasien Covid-19

Meski terjadi hujan, tidak dilaporkan adanya lahar maupun penambahan aliran di sejumlah sungai yang berhulu di Gunung Merapi. “Aktivitas vulkanik Gunung Merapi masih cukup tinggi berupa aktivitas erupsi efusif. Status aktivitas ditetapkan dalam tingkat Siaga,” katanya.

Potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor tenggara-barat daya sejauh maksimal 3 km ke arah sungai Woro, dan sejauh 5 km ke arah sungai Gendol, Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement