Advertisement

Jogja Mulai Ramai, Segini Perkiraan Uang yang Beredar

Herlambang Jati Kusumo
Selasa, 05 Oktober 2021 - 19:47 WIB
Budi Cahyana
Jogja Mulai Ramai, Segini Perkiraan Uang yang Beredar Ilustrasi. - JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Bank Indonesia (BI) DIY menilai pada September atau selama pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) ke level 3, aktivitas kegiatan ekonomi mulai berjalan dan merangkak naik.

"Wisatawan sudah mulai ramai. Akhir pekan okupansi hotel juga mulai penuh. Artinya ada pergerakan ekonomi. Multiplier effect dari wisatawan itu," ucap Deputi Kepala BI DIY, Miyono, Selasa (5/10/2021).

Advertisement

BACA JUGA: Meski Penularan Covid Sudah Terkendali, PPKM DIY Belum Turun Level

Miyono mengungkapkan meski aktivitas ekonomi mulai berjalan, selama September outflow atau uang yang keluar dari BI DIY masih lebih sedikit dari inflow atau uang yang masuk di BI. Outflow uang kartal keluar sebesar Rp338 miliar. Sementara inflow sebesar Rp799 miliar.

"Namun bukan segitu saja perputaran uang yang beredar. Kami juga mendorong antarperbankan dengan transaksi uang kartal antarbank. Misal bank X kelebihan Rp1 miliar, sementara bank Y kurang Rp500 juta, bisa ambil kelebihan itu. Daripada harus lewat BI dulu. Nilai pada September Rp2,3 triliun," ujar Miyono.

Miyono juga mengungkapkan besaran angka-angka tersebut tidak menunjukan uang yang beredar seluruhnya di DIY. Sebab, hal tersebut tidak bisa dihitung untuk skala regional. "Artinya uang yang beredar tidak hanya itu," ucapnya.

Ia juga memperkirakan perputaran uang akan terus meningkat di triwulan IV, meski hingga saat ini DIY masih PPKM level 3. "Di triwulan IV ada momentum Natal dan Tahun Baru 2022. Saat ini juga kan wisata mulai dibuka pelan-pelan, ekonomi bergerak. Terpenting bagaimana menjaga prokes dan mengejar vaksinasi," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cak Imin Tetapkan Kriteria Calon Kepala Daerah yang Diusung PKB

News
| Sabtu, 20 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement