Layanan Drive Thru KTP-el di Kota Jogja Kembali Dibuka

rnMasyarakat menggunakan layanan KTP-el drive thru di halaman Kantor Kemantren Kotagede, Jogja, Kamis (7/10/2021)-Harian Jogja - Sirojul Khafid
07 Oktober 2021 19:07 WIB Sirojul Khafid Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-- Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kembali mengoperasionalkan pelayanan Kartu Tanda  Penduduk Elektronik (KTP-el) dengan sistem drive thru.

Pada Oktober ini, pelayanan drive thru berada di Halaman Kantor Kemantren Kotagede setiap Kamis. Masyarakat bisa mengakses layanan ini dari pukul 09.00 sampai 12.30 WIB. 

Menurut Plt. Kepala Disdukcapil Jogja, Septi Sri Rejeki, pelayanan KTP-el drive thru ini juga sebagai kado bagi masyarakat Jogja dalam rangka Hari Ulang Tahun Kota Jogja ke-265. Dengan tajuk Tumandang atau Tumpaki Motore Andang Dadi KTPne ini, Disdukcapil Jogja berusaha mendekatkan layanan KTP-el kepada masyarakat. 

"Antusias masyarakat  pada Tumandang ini bener-benar diterima oleh masyarakat dan menjadi kebutuhan masyarakat. Mereka sadar administrasi kependudukan, aspirasi ini harus kami tindak lanjuti," kata Septi di Kantor Kemantren Kotagede, Jogja, Kamis (7/10). "Apalagi data penduduk ini urgent, apalagi mau pilkada."

Layanan drive thru hanya untuk pencetakan KTP-el baru karena rusak atau sejenisnya. Untuk pengubahan data bisa dilakukan di Kantor Disdukcapil Jogja. Adapun durasi rata-rata pencetakan KTP-el di layanan Tumandang ini sekitar lima menit.

Antusias masyarakat tidak hanya dari Kemantren Kotagede, tapi juga dari luar daerah lain seperti Jetis, Mergangsan, sampai Gondokusuman. "Nanti layanan drive thru ini berkeliling ke Jetis, Mergangsan, dan Wirobrajan. Kantor kemantren ini memiliki halaman yang luas," kata Septi. "Ini layanan drive thru KTP-el pertama di DIY, yang saya tahu baru ini, di atas motor bisa mendapatkan KTP-el."

BACA JUGA: Jokowi Tolak Presiden Tiga Periode, Rizal Ramli Minta Sumpah di Atas Al-Qur'an

Menurut Wali Kota Jogja, Haryadi Suyuti, layanan jemput bola ini sebagai upaya meningkatkan kualitas yang cepat, mudah, dan gratis. "Harapan saya ini adalah kado HUT Kota Jogja pada masyarakat. Antusias cukup bagus, namun unit [mobil layanan] masih terbatas. Kalau seperti ini nanti kami tambah," kata Haryadi. "Tapi ini pelayanan jemput bola, misal tidak ke sini bisa ke Balai Kota juga bisa."

Kepengurusan KTP-el merupakan kegiatan yang setiap harinya ada. "Harapan saya, ini bisa dikembangkan, ini merupakan basis data penduduk. Untuk KTP-el ke depannya akan jadi satu dengan NPWP, inovasinya akan panjang lagi," kata Haryadi. 

Meski layanan baru buka pukul 09.00 WIB, warga sudah datang sejak pukul 08.00 WIB. Warga pertama yang menggunakan layanan, Hanif Setyo Riyadi, 38, merasa terbantu dengan layanan drive thru ini. "Saya kan dari Umbulharjo, tanya di sana yang ada mobil ini di Kotagede, terus jam 08.00 WIB saya ke sini," kata Hanif. "Alhamdulillah cukup cepat layanannya, tapi tadi sempat ada trouble [jaringan]."