Advertisement

Kota Jogja Urus Sertifikat CHSE untuk Kawasan Malioboro

Sirojul Khafid
Senin, 11 Oktober 2021 - 09:17 WIB
Sunartono
Kota Jogja Urus Sertifikat CHSE untuk Kawasan Malioboro Suasana di Jalan Malioboro, Kota Jogja, Minggu (5/9/2021). - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, UMBULHARJO – Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja dalam proses kepengurusan sertifikat Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability (CHSE) dan QR Code untuk Malioboro. Pada dasarnya, CHSE dan QR Code Peduli Lindungi merupakan syarat pembukaan tempat publik, termasuk destinasi wisata.

Menurut Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi, ada saran dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno agar mengurus CHSE dan QR Code untuk Malioboro. “Kami persiapkan QR Code Peduli Lindungi. Menteri [Sandiaga] menyarankan untuk mengajukan CHSE dan QR Code untuk bisa membuka Malioboro,” kata Heroe, Jumat (8/10/2021).

Advertisement

BACA JUGA : 4.000 Orang Kunjungi Malioboro di Akhir Pekan

Kepala Dinas Pariwisata Kota Jogja, Wahyu Hendratmoko mengatakan apabila beberapa destinasi wisata di Jogja telah mengajukan persyaratan CHSE dan QR Code. Beberapa telah lolos, meski sertifikat fisik belum turun.

Untuk Malioboro, secara karakteristik bukanlah tempat wisata, namun kawasan pusat ekonomi. Berbeda dengan destinasi wisata, Malioboro tidak memiliki loket tiket, one gate system, dan lainnya. Namun lantaran banyak dikunjungi masyarakat, Pemkot Jogja mengurus CHSE dan QR Code sebagai penerapan standar kesehatan.

“Kendala Malioboro apabila mengurus CHSE karena tidak bisa hanya Malioboro saja, tapi juga pertokoannya. Malioboro bukan tempat wisata, tapi kawasan,” kata Wahyu. “Pemkot terus menggodok untuk mengoptimalisasikan Malioboro. Karena dari destinasi manapun di DIY, ujungnya pasti Malioboro.”

BACA JUGA : Di Malioboro, Jokowi Luncurkan Bantuan Rp1,2 Juta untuk 1 Juta PKL

Saat ini sedang Pemkot Jogja dalam proses penyusunan mekanisme kunjungan di Malioboro agar lebih aman, termasuk alur keluar masuknya. Selain destinasi wisata, ke depan penerapan CHSE dan QR Code Peduli Lindungi juga akan diterapkan di perkantoran, sekolah, pasar, sampai tempat ibadah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditanya soal Kemungkinan Maju di Pilkada, Kaesang Memilih Ini

News
| Jum'at, 26 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement