Jumlah pasien Covid-19 dari Klaster Senam di Bantul, Bertambah 5 orang

Ilustrasi. - Freepik
14 Oktober 2021 13:47 WIB Jumali Jogja Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Jumlah pasien Covid-19 dari klaster senam di Mbelan, Sidomulyo, Bambanglipuro terus bertambah. Data terakhir hingga Kamis (14/10/2021) tercatat ada tambahan lima orang positif, alhasil saat ini total pasien Covid-19 dari klaster senam mencapai 14 orang.

"Kami sudah menggelar uji swab PCR terhadap orang yang kontak erat. Dari 13 yang menjalani tes, ada lima yang positif," kata Kepala Puskesmas Bambanglipuro, Tarsisius Glory, Kamis (14/10/2021).

Saat ini, kata Glory dari 14 orang positif Covid tersebut ada3 orang dirujuk ke Rumah Sakit Lapangan Khusus Covid-19 (RSLKC), setelah mengalami gejala.

"Untuk itu kami rujuk mereka ke RSLKC," jelasnya.

BACA JUGA: Mensos Risma Bentak-bentak Mahasiswa & Aktivis di Lombok Timur

Sementara Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bantul, Sri Wahyu Joko Santosa menyatakan ada 22 orang kontak erat yang merupakan keluarga dari delapan pasien Covid-19 dari klaster tilik di Gokerten, Srigading, Sanden.

"Dan, saat ini mereka dijadwalkan menjalani tes swab PCR di Puskesmas Sanden," katanya.

Lebih lanjut Oki-panggilan Sri Wahyu Joko Santosa mengungkapkan jika klaster tilik muncul usai salah satu warga menjalani operasi di RS Bethesda Kota Jogja. Saat itu warga tersebuf dinyatakan positif Covid-19. Oleh pihak rumah sakit, pasien tersebut diminta menjalani isolasi.

Namun, dalam perkembangannya, warga sekitar pasien tersebut menjenguk dan keluarga tidak mengatakan jika pasien tersebut positif Covid-19. Alhasil sebanyak 34 orang yang menjenguk dites swab PCR. "Hasilnya 8 positif," ungkapnya.