Advertisement

Tak Hanya Jago Urusan Kebakaran, Damkar Kota Jogja Juga Super Hero dalam Melepas Cincin

Bernadheta Dian Saraswati
Jum'at, 15 Oktober 2021 - 14:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tak Hanya Jago Urusan Kebakaran, Damkar Kota Jogja Juga Super Hero dalam Melepas Cincin Petugas Dinas Pemadam Kebakaran Kota Jogja memadamkan kebakaran. - HODinas Kebakaran Kota Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Masih ada yang menganggap tugas pegawai Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) hanya berkutat pada persoalan kebakaran. Entah itu memadamkan kebakaran rumah pribadi, kantor, gudang, sampah maupun ruang publik. 

Namun nyatanya petugas damkar juga siap pasang badan melayani masalah non kebakaran. Mereka berada di balik kisah penyelamatan yang terkadang sulit dilakukan orang-orang pada umumnya. 

Advertisement

Seperti yang dilakukan Damkar Kota Jogja belum lama ini. Seorang perempuan yang kesulitan melepaskan cincin dari jarinya, akhirnya beres di tangan petugas. Dengan keahlian yang dimiliki, petugas dengan cekatan melepaskan cincin itu hanya dengan bantuan benang. Tak lebih dari 10 menit, cincin yang sudah sesak di jari perempuan itu bisa terlepas. 

Video penyelamatan itu diunggah di akun Instagram Damkar Kota Jogja @damkarjogjaistimewa. "Rabu (13/10/21) Anggota #DamkarJogja berhasil mengevakuasi cincin di salah satu jari Seorang ibu-ibu bernama Ika. Evakuasi dilakukan anggota dari Mako Induk dengan waktu +- 10 menit. "Damkar Sahabat Masyarakat"," tulis @damkarjogjaistimewa. 

Tidak hanya melepaskan cincin, Damkar Kota Jogja juga pernah melayani evakuasi ular di dalam mesin cuci, evakuasi sarang tawon vespa di salah satu atap rumah warga, evakuasi kucing yang terjebak di plafon rumah, dan masih banyak lagi. 

Dalam postingan di Twitternya @damkarjogja113 pada hari ini,  Jumat (15/10/2021), petugas juga menunjukkan foto saat proses penyelamatan hewan yang tercebur ke sumur. Terlihat seorang petugas memanjat bambu dari dalam sumur. Ia menggendong binatang yang sudah berhasil ia selamatkan untuk kembali ke atas. 

"Apapun yang bernyawa, pantas mendapat pertolongan," tulis Damkar Kota Jogja dalam captionnya. 

Meski menuliskan slogan "Apapun yang bernyawa, pantas mendapat pertolongan", Damkar pada kenyataannya juga melayani penyelamatan benda mati, contohnya flashdisk. "Flashdisk yang isinya file skripsi terjatuh ke selokan jalan juga pernah kita tolong. Kita bantu ambil," tutur Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Jogja, Octo Noor Arafat kepada Harianjogja.com, Jumat. 

Ia mengatakan, saat ini Damkar Kota Jogja sudah menjadi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan. Tugas dari penyelamatan sangat bervariasi. "Termasuk mengevakuasi laka lantas yang mengakibatkan kendaraan yang jatuh ke parit, terbalik, maupun evakuasi korban di dalamnya, sekarang sudah menjadi tugas untuk damkar. Selain itu, pernah juga kami mengevakuasi orang yang terjebak di dalam rumah karena kunci rumah korban rusak dan korban tidak bisa keluar dari rumah," jelas Octo. 

Octo mengatakan, damkar siap melayani masyarakat yang membutuhkan pertolongan. Masyarakat dapat menghubungi call center (0274) 587101, 542885, 2922848 atau nomor ponsel di 08112828113. Bisa juga mengirimkan email dengan alamat [email protected] atau mendatangi kantor damkar di Jl.kenari no.56 kompleks Balai Kota Jogja. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Instagram, Twitter

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Warga Iran Dukung Langkah Pemerintah Menyerang Israel

News
| Sabtu, 20 April 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement