Advertisement

Kantor Pinjol di Sleman Disamarkan Jadi Call Center

Lugas Subarkah
Minggu, 17 Oktober 2021 - 09:37 WIB
Budi Cahyana
Kantor Pinjol di Sleman Disamarkan Jadi Call Center Kantor pinjaman online (pinjol) ilegal di Padukuhan Samirono, Kalurahan Caturtunggal, kapanewon Depok, Kamis (14/10/2021) malam. - Harian Jogja/Lugas Subarkah.

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN - Penggerebekan kantor pinjaman online (pinjol) di RT 03, RW 19, Padukuhan Sagan, Kalurahan Caturtunggal, Kapanewon Depok, Sleman, mengejutkan warga sekitar. Pasalnya, selama ini para karyawan kantor tersebut membaur dengan warga dan terlihat baik.

Salah satu warga yang rumahnya terletak di sebelah selatan kantor pinjol yang digrebek itu, Suci, mengaku karyawan kantor pinjol kerap makan di warung makan miliknya. “Orangnya baik, kalau makan di sini, warung sekitar sini,” ujarnya, Sabtu (16/10/2021).

Advertisement

Ia menuturkan kantor tersebut belum lama beroperasi, baru setelah Lebaran tahun ini. “Warga tahunya itu kantor call center. Nggak tahu kalau ternyata pinjol,” ungkapnya.

Meski demikian, warga cukup mengenal dengan para karyawan karena membaur dengan masyarakat. Ia pun mengaku sedih ketika melihat para karyawan diangkut untuk diperiksa di Polda Jawa Barat. “Makanya kemarin pas lihat diangkut kasihan juga,” kata dia.

Hal ini diakui oleh Ketua RT 03, Papang Gemistiar. Ia mengatakan pengelola kantor tersebut mengajukan izin menggunakan bangunan sebagai kantor call center kepadanya. “Izinnya untuk call center, lainnya tanya soal parkiran. Terus saya suruh ke tempat Pak RW,” ujarnya.

Ia juga membenarkan perusahaan itu belum lama beroperasi. Sebelumnya, gedung itu digunakan untuk kantor asuransi.

Sebanyak 79 dari 83 karyawan yang diperiksa Polda Jabar dipulangkan. Kabid Humas Polda DIY, Kombes Pol Yuliyanto, menjelaskan Polda DIY tidak mengetahui hal ini karena penanganan semuanya oleh Ditreskrimsus Polda Jawa Barat. 

Ia juga mengaku sejauh ini belum ada laporan dari masyarakat kepada Polda DIY yang menjadi korban pinjol. 




Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jogjapolitan | 10 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konflik Israel di Gaza, China Serukan Gencatan Senjata

News
| Selasa, 16 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement