Sah, Mayoritas Destinasi Wisata di Gunungkidul Sudah Dibuka. Ini Daftarnya...

Sejumlah pengunjung bermain di kawasan Pantai Wediombo, Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Selasa (11/6/2019). Adanya kenaikan air laut karena gelombang tinggi tidak menyurutkan minat pengunjung untuk menikmati keindahan panorama pantai. /Istimewa - Dokumen SAR Satlinmas Wilayah I DIY
20 Oktober 2021 12:17 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Destinasi wisata Gunungkidul mulai dibuka sejak hari ini, Rabu (20/10/2021). Kepastian ini tertuang dalam Surat Edaran Sekretaris Daerah No.556/4825 tentang Pembukaan Destinasi Wisata di Kabupaten Gunungkidul.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Hary Sukmono mengatakan, surat edaran dari Sekda tentang pembukaan destinasi wisata dikeluarkan Selasa (19/10/2021). Otomatis mulai Rabu pagi destinasi yang tertuang dalam peraturan tersebut resmi diujicoba untuk dibuka.

“Total ada 27 kawasan dan destinasi wisata,” kata Hary, Rabu siang.

Menurut dia, untuk yang buka lebih dari 27 lokasi karena dalam satu kawasan terdapat sejumlah destinasi. Sebagai contoh untuk kawasan Baron berjajar gugusan pantai mulai dari Seruni hingga Baron. Hal sama di kawasan Wediombo mulai dari Pantai Jungwok, Wediombo, Nampu, Banyunibo dan Watulumbung.

“Jadi lokasinya lebih banyak karena dari 27 kawasan dan destinasi ini sudah mencakup hampir 90% lokasi wisata di Gunungkidul,” ungkapnya.

Meski telah resmi dibuka, ada ketentuan yang harus ditatati, seperti kapasitas maksimal 25%, mengikuti protokol kesehatan yang diatur oleh Kementerian Kesehatan dan atau kementerian, lembaga terkait. Selain itu, wisatawan wajib menggunakan aplikasi Peduli Lindungi saat akan masuk destinasi.

Baca juga: Pemkot Jogja Berupaya Tingkatkan Lama Tinggal Wisatawan

Adapun aturan lain, anak dibawah 12 tahun diperbolehkan masuk dengan dampingan orang tua dan mengakses aplikasi PeduliLindungi. “Untuk mengurangi kerumunan juga ada aturan ganjil genap kendaraan setiap Jumat mulai pukul 12.00 WIB hingga Minggu pukul 18.00 WIB,” katanya.

Disinggung mengenai sejumlah objek wisata yang belum buka, Hary mengakui masih ada. Meski demikian, ia tidak bisa menyebutkan secara terperinci. “Contohnya Lembah Ngingrong dan Turunan. Kalau ditotal yang belum buka sekitar 10%,” katanya.

Pengelola snorkeling di Pantai Nglambor, Kalurahan Purwodadi, Tepus, Aditya Putratama mengaku senang dengan pembukaan destinasi wisata ini. menurut dia, kepastian pembukaan sudah ditunggu-tunggu oleh pelaku wisata sejak diberlakukannya PPKM Darurat mulai awal Juli lalu. “Sekarang kami lega dan geliat usaha bisa dijalankan lagi,” katanya.

Adit pun berjanji akan mengikuti aturan yang diterapkan pemerintah selama pembukaan destinasi wisata. “Protokol kesehatan akan kami patuhi dan aturan pendukung lainnya juga akan ditaati,” katanya. 

Destinasi Wisata yang dibuka di Kabupaten Gunungkidul

1. Kawasan Baron-Seruni

2. Kawasan Pantai Wediombo

3. Kawasan Pantai Siung

4. Kawasan Pantai Ngrenehan

5. Kawasan Pantai Ngedan

6. Kawasan Pantai Gesing

7. Kawasan Pantai Timang

8. Gunung Gentong

9. Gua Cerme

10. Gunung Gambar

11. Taman Batu Mulo

12. Kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran

13. Kawasan Gua Pindul

14. Luweng Sampang

15. Bejiharjo Edupark

16. Watugupit

17. Sri Gethuk Bleberan

18. Hutan Wanasadi

19. Green Village Gedangsari

20. Embung Sriten

21. Kalisuci Cave Tubing

22. Telaga Jonge

23. Cempluk Kesamben

24. Taman Wisata Embung Bembem

25. Gunung Ireng

26. Dam Beton

27. Teras Kaca

Sumber: Pemkab Gunungkidul