Selain Perketat Prokes, Malioboro Fasilitasi Pengunjung dengan Sentra Vaksinasi

Pengunjung kawasan Malioboro antre untuk memperoleh layanan vaksin on the spot di hotel Mutiara, Sabtu (23/10) kemarin. - Dok. Humas Pemkot Jogja.
24 Oktober 2021 12:27 WIB Yosef Leon Jogja Share :

Harianjogja.com, DANUREJAN - Pemerintah Kota Jogja menghadirkan layanan vaksinasi di tempat (on the spot) bagi pengunjung kawasan Malioboro yang belum terlayani program vaksin. Sentra vaksinasi itu disediakan di area hotel Mutiara dan dibuka setiap Sabtu demi mencegah penyebaran Covid-19 di masa pelonggaran sektor wisata.

Kepala UPT Pengelolaan Kawasan Cagar Budaya Kota Jogja, Ekwanto menjelaskan, pendirian posko vaksinasi di kawasan itu juga sebagai dukungan terhadap pencanangan Malioboro sebagai kawasan wajib vaksin. Setiap pengunjung yang masuk dan beraktivitas di kawasan itu mesti divaksin untuk mencegah penyebaran Covid-19.

BACA JUGA : 4.000 Orang Kunjungi Malioboro di Akhir Pekan

Ekwanto menyebut, dilonggarkannya kawasan wisata di masa PPKM level 2 tentu bakal berdampak pada intensitas dan signifikansi pengunjung di kawasan itu. Sehingga, dengan adanya posko vaksinasi diharapkan pengendalian Covid-19 di masa PPKM level 2 bisa terus optimal.

"Meski PPKM di DIY sudah memasuki level 2, kami tidak boleh lengah dan protokol kesehatan [prokes] tetap diterapkan dengan ketat. Ini sebagai bentuk tanggung jawab dari pemerintah," ujar Ekwanto, Minggu (24/10).

Dia menambahkan, posko vaksinasi di kawasan Malioboro mulai dibuka sejak pukul 10.00 Wib sampai 12.00 Wib setiap Sabtu. Pemberian vaksin Covid-19 secara gratis ini akan berlangsung hingga Desember 2021. Nantinya pengunjung akan diarahkan ke lokasi posko vaksinasi jika belum memiliki sertifikat vaksin jika masuk ke kawasan Malioboro.

"Kami tidak lihat domisilinya di mana dan dia siapa, intinya yang terjaring oleh aparat wajib untuk vaksin gratis. Tidak perlu mendaftar langsung dilayani," katanya.

Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi mengatakan, akhir pekan ini petugas mulai intensif menyisir penegakan protokol kesehatan pengunjung di kawasan Malioboro. Selain pemeriksaan dokumen kelengkapan protokol kesehatan bagi wisatawan luar kota lewat skema satu pintu masuk, petugas juga memindai prokes wisatawan di lapangan.

BACA JUGA : Kunjungan Malioboro Mulai Dibatasi Pakai Aplikasi Khusus

Termasuk pendirian posko vaksinasi di kawasan Malioboro. Pemkot Jogja mengerahkan mobil vaksin di kawasan itu untuk memberikan suntikan vaksin bagi pengunjung yang belum divaksin. "Para pengunjung cukup hanya menunjukan kartu tanda penduduk (KTP), dan vaksinasi ini tidak memandang KTP mana. Kita acak saja dan ditargetkan 100 dosis setiap harinya," kata Heroe.

Selain menyediakan vaksin Covid-19, Pemkot Jogja juga menyediakan layanan swab antigen secara acak. Tujuannya adalah untuk memeriksa kesehatan para wisatawan yang datang ke kawasan Malioboro. Apabila kedapatan positif maka langsung mendapatkan tindakan medis.