Car Free Day Jalan Sudirman Jogja Kembali Digelar

Heroe Poerwadi (tengah di atas panggung) saat membuka car free day di Jalan Sudirman, Jogja, Minggu (24/10). - Ist.
25 Oktober 2021 10:47 WIB Sirojul Khafid Jogja Share :

Harianjogja.com, GONDOKUSUMAN – Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja menggelar car free day di Jalan Jenderal Sudirman. Selain beberapa pertunjukan pentas seni dan fashion show, adapula beberapa Usaha Kecil Menengah (UKM) yang menjajakan dagangannya. Harapannya, kegiatan ekonomi dan pendapatan masyarakat bisa meningkat.

Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi menjelaskan kegiatan car free day juga sebagai upaya membangkitkan kembali semangat masyarakat. “Kegiatan car free day ini adalah upaya kami untuk membangunkan kembali semangat masyarakat. Menginisiasi pada seluruh masyarakat bahwa sudah bisa melakukan aktivitas meskipun dengan keterbatasan,” kata Heroe saat membuka car free day, Jogja, Minggu (24/10/2021).

BACA JUGA : Car Free Day di Bantul Tidak Lagi Setiap Minggu

Secara bertahap, Pemkot Jogja mendorong para pelaku UKM melakukan aktivitas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes). Hal ini agar tidak memunculkan klaster Covid-19 baru.  

“Meskipun menyelenggarakan car free day dengan tujuan untuk memulihkan ekonomi, tapi tidak boleh abai prokes. Kegiatan diizinkan diselenggarakan karena kami punya komitmen memulihkan ekonomi dengan menjalankan prokes secara baik,” kata Heroe yang juga Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Jogja.

Seiring dengan menurunan PPKM di DIY menjadi level 2, hampir semua kegiatan sudah diizinkan. Hanya ada pembatasan jumlah berdasarkan kapasitas agar tidak terjadi kerumunan. “Kami ingin Kota Jogja menjadi pelopor untuk lebih cepat menyelesaikan Covid-19 diiringi dengan pemulihan ekonomi yang lebih baik lagi. Harapannya kegiatan car free day ini menjadi inspirasi kita bisa melakukan aktivitas dengan prokes tetap dijalankan,” kata Heroe.

Penurunan level PPKM salah satunya berkat partisipasi masyarakat dalam vaksinasi Covid-19. Lantaran masih belum semua tervaksin, Pemkot Jogja berupaya menuntaskan vaksinasi baik dosis satu maupun dua. Untuk dosis pertama, beberapa alasan warga belum vaksin karena komorbid atau penyintas Covid-19.

BACA JUGA : Unik, Pembacaan Naskah Sumpah Pemuda di Tengah Car

Kepala Dinas Pariwisata Kota Jogja, Wahyu Hendratmoko mengatakan pelaksanaan car free day menerapkan prokes yang ketat dan disiplin. “Kegiatan ini dirancang menjadi bagian dari pemulihan ekonomi, sehingga ada beberapa pelaku UKM berpartisipasi aktif meramaikan kegiatan ini. Car free day ini tidak berlangsung lama, hanya [dari pukul 06.00] sampai pukul 08.30 WIB, sehingga jalan bisa dimanfaatkan untuk sarana transportasi lagi,” kata Wahyu.