Satpol PP Diminta Mengedepankan Rasa Aman di Masyarakat

Direktur Pol PP dan Linmas Kemendagri, Bernhard E. Rondonuwu melakukan kunjungan ke Kantor Satpol PP Bantul dan Pasar Bantul pada Kamis (28/10/2021). - Istimewa
29 Oktober 2021 07:57 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Dikunjungi Direktur Pol PP dan Linmas Kemendagri RI, Satpol PP Bantul diminta menegakkan aturan dengan tetap mengedepankan ketenteraman dan kenyamanan masyarakat. Dalam menjalankan tugas, Satpol PP harus memberikan rasa aman kepada masyarakat.

Direktur Pol PP dan Linmas Kemendagri, Bernhard E. Rondonuwu dalam kunjungannya menyampaikan bila Satpol PP dan Linmas memiliki tugas menciptakan ketenteraman dan ketertiban serta melakukan pelindungan masyarakat. Salah satunya dalam pengawasan prokes.

"Satpol PP dan Linmas Bantul harus senantiasa meningkatkan perlindungan kepada masyarakat dengan melakukan secara terus menerus untuk mengingatkan pentingnya prokes," tuturnya pada Kamis (28/10/2021).

Dalam menjalankan tugasnya, Bernhard mengingatkan Satpol PP Bantul untuk taat SOP yang berlaku. Dia mengingatkan agar jangan sampai dalan tugasnya Satpol PP melanggar HAM. "Harus taat dengan SOP dan menjunjung tinggi kode etik. Sehingga tidak ada lagi Satpol PP yang melakulan perbuatan tercela dan melanggar HAM," tegasnya.

Bernhard juga menyinggung penggunaan teknologi digital. Menurutnya teknologi digital dapat digunakan sebagai wadah dokumentasi agar masyarakat mengetahui kegiatan-kegiatan yang dilakukan Satpol PP. "Satpol PP dan Linmas harus memanfatkan teknologi digital dengan baik untuk meningkatkan kinerja," tandasnya.

Baca juga: Perbatasan Masuk DIY Akan Dijaga pada Natal & Tahun Baru

Di sisi lain Bernhard memuji keberadaan SAR Linmas di Kabupaten Bantul. Bernhard berharap keberadaan SAR Linmas dapat menjaga keamanan para wisatawan. "Satpol PP Bantul memiliki tim SAR Linmas yang tugasnya menjaga wisatawan sehingga wisatawan merasa aman," tukasnya.

Sementara itu Kepala Satpol PP Bantul, Yulius Suharta segera menindaklanjuti berbagai arahan yang diberikan kepada Satpol PP Bantul. Khususnya mengedepankan cara humanis dalam pelaksanaan tugasnya "Jadi beliau menegaskan atas apa yang menjadi peran tugas Satpol PP, baik dalam upaya dalam penegakan Perda sekaligus dalam upaya perlindungan, keamanan dan ketertiban masyarakat," ungkapnya.

"Ini menjadi tugas yang tidak ringan dan harus dilaksanakan dengan rasa penuh tanggung jawab. Terlebih di tengah kondisi keterbatasan sarana dan prasarana Satpol PP," imbuhnya.