Advertisement

Perbatasan Masuk DIY Akan Dijaga pada Natal & Tahun Baru

Yosef Leon
Kamis, 28 Oktober 2021 - 17:47 WIB
Budi Cahyana
Perbatasan Masuk DIY Akan Dijaga pada Natal & Tahun Baru Sejumlah petugas gabungan menghentikan dan memeriksa kendaraan di Pospam Tempel, Kamis (6/5/2021). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemda DIY bakal menjaga sejumlah area perbatasan guna mengantisipasi membeludaknya pemudik di masa Natal dan Tahun Baru 2022 (Nataru) meski libur akhir tahun ditiadakan.

Kepala Satpol PP DIY, Noviar Rohmad, mengatakan sampai saat ini belum ada arahan dari Pemerintah pusat berkaitan dengan penghapusan masa cuti Nataru.

Advertisement

BACA JUGA: Hotel Bintang Lima Segera Dibangun di Gunungkidul

“Acuan kami tetap pada pergub dan perda. Berkaitan dengan masa Nataru mungkin nanti akan ada lagi surat edaran, tapi kami belum tahu, akan kami sesuaikan saja ke depan,” ujarnya, Kamis (28/10/2021).

Noviar memastikan usulan Pemda DIY beberapa waktu lalu tentang penghapusan cuti Nataru bertujuan untuk meningkatkan pengawasan serta antisipasi terjadinya penumpukan pada liburan akhir tahun.

"Pemeriksaan di perbatasan tentu akan dilakukan, kemudian pada objek-objek wisata, lalu tempat ibadah, itu nanti yang akan kami lakukan bersama TNI/Polri serta instansi terkait lainnya," kata Noviar.

Dia menyebut, tiga lokasi itu akan menjadi fokus pengawasan bagi petugas untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. Penjagaan di perbatasan bukan bertujuan untuk melarang warga luar daerah untuk masuk ke DIY. Petugas hanya akan mengecek persyaratan meliputi surat keterangan bebas Covid-19, kartu vaksin, dan sebagainya.

Kepala Dinas Perhubungan DIY Ni Made Dwipanti Indrayanti menyebut belum ada arahan lebih lanjut soal pengaturan lalu lintas dan titik penyekatan tambahan di kawasan DIY menjelang masa Nataru. Saat ini, jawatannya hanya mengacu pada surat edaran Satgas Covid-19 Nasional mengenai pemeriksaan kendaraan darat dan wisata yang masuk ke wilayah setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Ibu Pulau Halmahera Meletus, Abu Vulkanik Setinggi 3,5 Kilometer

News
| Minggu, 28 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement