Advertisement

Pemda Bantul Kembali Raih Capaian Opini WTP yang Ke-9

Media Digital
Jum'at, 29 Oktober 2021 - 09:57 WIB
Budi Cahyana
Pemda Bantul Kembali Raih Capaian Opini WTP yang Ke-9 Penyerahan Penghargaan WTP oleh Kepala Kanwil DJPB DIY kepada Bupati Bantul. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL - Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi DI Yogyakarta, Arif Wibawa beserta Kepala Bidang Pembinaan Akuntansi dan Pelaporan Keuangan, Sugeng Winarno dan Kepala KPPN Yogyakarta, Rizki T Karipany melakukan audiensi dangan Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih beserta jajaran di Ruang Bupati Bantul, Kamis (28/10).

Selain untuk audiensi dan bersilaturahmi, pertemuan ini sekaligus dalam rangka menyerahkan penghargaan dari Pemerintah kepada Pemda Bantul atas keberhasilannya menyusun dan menyajikan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah  Tahun 2020 dan memperoleh Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Penyerahan penghargaan diserahkan secara langsung oleh Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi DI Yogyakarta dan disaksikan oleh Sekretaris BKAD Bantul Suyono, Asisten Sekretaris Daerah  Bidang Pemerintahan Didik Warsito  dan  Kepala  Bidang Aset BKAD Jugo Noor Subarkah.

Laporan Keuangan Pemda Kabupaten Bantul Tahun Anggaran 2020 mendapatkan Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Kementerian Keuangan untuk yang ke 9 kalinya berturut-turut, sebuah prestasi yang membanggakan sebagai salah satu wujud tata kelola keuangan yang baik pada Pemerintah Daerah. Berkenaan dengan capaian prestasi tersebut diberikan penghargaan oleh pemerintah kepada Pemda Bantul berupa Plakat dan Piagam Penghargaan yang ditandatangani oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi atas penyelenggaraan prinsip akuntansi keuangan yang tepat dan akuntabel. 

Arif Wibawa menyampaikan bahwa capaian opini WTP 9 kali berturut-turut dari Pemda Bantul merupakan capaian prestasi yang telah melewati peringkat excellent 1 (capaian WTP 5 kali berturut-turut), diharapkan prestasi ini dapat selalu dipertahankan sehingga nanti bisa meraih excellent 2 (capaian WTP 10 kali berturut-turut). Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi DI Yogyakarta akan selalu siap dan proaktif membantu Pemda yang memerlukan pendampingan atau konsultasi terkait keuangan daerah demi tercapainya pengelolaan keuangan negara yang semakin berkualitas. Tercapainya opini WTP ini merupakan salah satu indikator Pemda berhak menerima Dana Insentif Daerah (DID), yang digunakan untuk memajukan perekonomian Kabupaten Bantul. 

Bupati Bantul usai menerima penghargaan tersebut menyambut baik dan menyampaikan ucapan terima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh Kementerian Keuangan kepada Pemda Bantul. Pemda Bantul akan berupaya untuk mempertahankan opini WTP untuk laporan periode-periode yang akan datang. Selama ini Pemda Bantul  melalui BKAD Bantul  telah memberikan kontribusi dengan memberikan data yang update dan akurat sehingga Laporan Keuangan yang komprehensif menggambarkan konsolidasian antara LKPP dan LKPD dapat tersaji dengan baik. Untuk kedepannya, diharapkan kerja sama antara Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi DI Yogyakarta dan Pemda Bantul  dapat terus terjalin dengan baik.sebagai wujud nyata sinergi Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah. (ADV)

  

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

P3K Nakes di Pemkot Jogja Mulai Diseleksi

P3K Nakes di Pemkot Jogja Mulai Diseleksi

Jogjapolitan | 14 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sah! Papua Barat Daya Provinsi Ke-38 Indonesia

News
| Jum'at, 09 Desember 2022, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Liburan di DIY saat Akhir Tahun? Fam Trip di Lokasi-Lokasi Ini Layak Dicoba

Wisata
| Jum'at, 09 Desember 2022, 16:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement