Renovasi Pendopo Parasamya Bantul Rampung Desember

Proyek pembangunan Pendopo Parasamya Pemkab Bantul, Selasa (2/11/2021). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati
02 November 2021 22:07 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Proyek renovasi Pendopo Parasamya Pemkab Bantul terus berjalan. Pembangunan lift dan sejumlah perbaikan lain ditargetkan rampung Desember 2021 sehingga bisa digunakan awal 2022.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Bantul, Bobot Ariffi Aidin, menegaskan pembangunan lift di Gedung Induk Pemkab Bantul dan Pendopo Parasamya rampung pada Desember.

BACA JUGA: Ganjil Genap Dinilai Berhasil Pecah Konsentrasi Wisatawan di Bantul

Pendopo Parasamya kudu direnovasi karena konstruksinya sudah berusia lebih dari 20 tahun dengan tingkat keamanan di bawah 50%. "Beberapa waktu lalu atapnya rontok. Dari hasil pengecekan, konstruksi baja yang ada di dalam menjadi tempat hunian kelelawar sehingga memicu korosi," katanya, Selasa (2/11/2021).

Berdasar hasil pengecekan, dari sisi konstruksi tingkat keamanan tinggal 40%. “Artinya, kalau tingkat keamanan tinggal 40 persen mau tidak mau bangunan harus dibongkar semua. Konstruksi atap pendopo semua diganti," ujarnya.

Sejauh ini progres pembangunan dua proyek tersebut berjalan lancar. "Lift yang dipasang lebih difungsikan untuk difabel, sehingga saudara-saudara kita penyandang disabilitas saat ke Gedung Induk lantai berapa pun tidak akan kesulitan," katanya.