PAD Pariwisata Bantul Bisa Tembus Rp13 Miliar

Kepala Dinas Pariwisata Bantuk Kwintarto Heru Prabowo. - Harian Jogja/David Kurniawan
03 November 2021 20:07 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL-Kepala Dinas Pariwsiata Bantul, Kwintarto Heru Prabowo mengatakan jika kondisi pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) tidak naik level atau tetap seperti saat ini di level 2, maka tidak menutup kemungkinan dalam dua bulan ke depan pendapatan dari sektor retribusi pariwisata bisa mencapai Rp4 miliar.

Dalam perhitungannya saat ini, PAD Bantul dari sektor pariwisata sudah mencapai angka Rp9 miliar. Dan tahun ini hanya bersisa dua bulan. Jika keadaan tetap normal, tanpa ada peningkatan level PPKM, maka bukan tidak mungkin di 2021 Bantul bisa mendapatkan PAD hingga Rp 13 miliar.

BACA JUGA: Covid-19 RI 3 November 2021: Jogja Bertengger di Urutan Ketiga

“Kalau tidak ada penambahan level, paling tidak retribusi Rp2 miliar per bulan bisa didapat, itu perhitungan saya. Karena kemarin efektif 10 hari saja bisa meraih hampir 1 miliar,” kata Kwintarto, Rabu (3/11/2021).

Namun demikian Kwintarto juga memperkirakan pendapatan pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) ini tidak sebanyak seperti libur Nataru sebelum-sebelumnya, karena ada kebijakan pemerintah yang menghapus cuti bersama Nataru.