Warga Bangunsari Semin Tanam Pohon Pisang di Jalan

Mobil melintas di jalan rusak yang ditanami pohon pisang oleh warga di Dusun Bangunsari, Candirejo, Semin, Gunungkidul, Kamis (4/11/2021). - Harian Jogja/David Kurniawan
04 November 2021 16:27 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Warga Bangunsari, Kalurahan Candirejo, Semin, Gunungkidul, menanam pohon pisang di ruas jalan kabupaten yang menghubungkan Kalurahan Candirejo dengan Kalurahan Sambirejo, Ngawen. Aksi ini dilakukan sebagai bentuk protes terhadap rusaknya jalan di kawasan tersebut.

Salah seorang warga Bangunsari, Indah Fitriyanti, mengatakan pohon pisang ditanam pada Senin (1/11/2021). Pohon itu ditanam di jalan agar pengendara berhati-hati.

BACA JUGA: Foto-Foto Kecelakaan Vanessa Angel Beredar di Twitter, Jadi Trending Topic

“Jalur sini [di Bangunsari] tidak hanya ke Ngawen, tapi juga ke pabrik sarung tangan sehingga banyak yang berlalu lalang setiap harinya,” kata Indah, Kamis (4/11).

“Banyak yang jatuh karena jalang yang berlubang. Bahkan belum lama ini ada lansia yang terjatuh hingga akhirnya meninggal dunia.”

Sunarto, warga Bangunsari, mengatakan jalan ini adalah alternatif ke Kapanewon Ngawen. Meski demikian, jalan tersebutramai karena keberadaan pabrik sarung tangan.

Sunarto menungkapkan, pengendara yang melintas harus berhati-hati karena jalan yang rusak dan berlubang terjadi di beberapa titik.

“Informasinya di Candirejo merupakan kawasan peruntukan industri di Gunungkidul, tapi kok jalannya rusak dan berlubang. Jadi, kami mohon ada upaya perbaikan,” katanya.