Advertisement

Kriminalitas di JJLS Gunungkidul Meningkat, Polsek Diminta Bersiap

David Kurniawan
Jum'at, 05 November 2021 - 23:07 WIB
Bhekti Suryani
Kriminalitas di JJLS Gunungkidul Meningkat, Polsek Diminta Bersiap Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) di Legundi-Playen, Gunungkidul. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Kapolres Gunungkidul AKBP Aditya Galayudha Ferdiansyah menginstruksikan jajarannya untuk meningkatkan keamanan di Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) yang menuju kawasan pantai. Langkah ini sebagai upaya menekan ganguan keamanan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang akhir-akhir ini terjadi.

“Sudah ada beberapa kejadian, khususnya saat libur akhir pekan. Terakhir, kaca mobil warga pecah karena dilempar batu oleh rombongan pemotor yang melintas,” kata Aditya, Jumat (5/11/2021).

Advertisement

Menurut dia, gangguan kamtibmas di JJLS bukan hanya aksi pelemparan batu. Pasalna, satu minggu sebelumnya juga ada gangguan lain berkaitan dengan rombongan pemotor saat menuju atau pulang dari kawasan pantai.

BACA JUGA: Tol Jogja-YIA Kembali ke Desain Awal, Ini Permintaan Sultan

Oleh karenanya, Aditya meminta jajarannya, khususnya polsek di JLLS untuk meningkatkan patroli keamanan. Hal ini dengan tujuan mengurangi risiko aksi-aski yang meresahkan warga sehingga dapat menimbulkan gangguan kamtibmas.

“Harus ada upaya antisipasi dengan meningkatkan pengamanan. Kalau memang ada potensi pelanggaran, maka harus ditindak sesuai dengan aturan yang berlaku,” katanya.

Aditya menambahkan, didalam menjalankan tugas, para personel untuk tidak melakukan tindakan yang bersifat kontradiktif atau melawan aturan. Pasalnya, kinerja dari kepolisian akan terus disorot sehingga bisa merugikan institusi.

“Harus professional dan mengacu pada aturan yang dimili. Kalau ada yang melanggar, saya pastikan akan memberikan sanksi sesuai dengan jenis pelanggaran yang dilakukan,” katanya.

Salah seorang warga Kalurahan Jetis, Saptosari, Sumanto mengatakan, aksi rombongan motor ini jelas sangat meresahkan. Selain membleyer kendaraan yang ditunggangi, rombongan juga sering memenuhi badan jalan sehingga menggangu pengendara lainnya. “Berhubung jengkel, warga sempat berusaha mengejar, tapi berhasil kabur,” katanya.

Sumanto berharap kepada aparat kepolisian untuk meningkatkan patroli keamanan. Langkah ini sebagai antisipasi serta menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat terkait dengan rombongan pemotor yang melintas di JJLS. “Apalagi pariwisata sudah dibuka sehingga intensitas pengendara semakin banyak, khususnya pada saat libur akhir pekan sehingga upaya menjaga keamanan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement