Kotabaru Jogja Dinobatkan sebagai Kampung Keluarga Berkualitas, Apa Itu?

Pemerintah Kota Jogja menetapkan Kelurahan Kotabaru, Kemantren Gondokusuman sebagai kampung keluarga berkualitas sekaligus meresmikan dapur balita ngluwihi mbagehi dan fasum olahraga dan peningkatan jalan pada Sabtu (13/11/2021) lalu - Ist/Dok. Humas Pemkot Jogja
16 November 2021 20:47 WIB Yosef Leon Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Pemerintah Kota Jogja menetapkan Kelurahan Kotabaru, Kemantren Gondokusuman sebagai kampung keluarga berkualitas sekaligus meresmikan dapur balita Ngluwihi Mbagehi dan fasum olahraga serta peningkatan jalan pada Sabtu (13/11/2021) lalu.

Penetapan kampung keluarga berkualitas diharapkan mampu menjadikan warga Kelurahan Kotabaru sadar akan pengendalian penduduk demi peningkatan kualitas dan kesejahteraan keluarga.

Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi menyampaikan, Kotabaru dicanangkan sebagai kampung keluarga berkualitas yang ke-43 di wilayah Kota Jogja. Pemerintah Kelurahan nantinya akan berperan dalam mengontrol pengendalian penduduk di wilayah itu. Hal ini penting guna memberikan peningkatan kualitas di dalam keluarga.

Sebab, dengan pengendalian penduduk tingkat kesejahteraan warga bisa dicapai dengan optimal lewat berbagai program kebijakan pemerintah.

"Nantinya keluarga bisa melakukan pengaturan jarak kelahiran anak dan menikah pada usia dewasa agar pasangan suami istri betul-betul telah siap secara lahir dan batin dalam mengarungi bahtera rumah tangga," kata Heroe.

Sementara program dapur balita digagas oleh TP PKK Kota Jogja yang juga telah diadopsi oleh Kementerian BKKBN menjadi program dapur sehat atasi stunting (DASHAT). Program dapur balita ini juga cukup membantu Pemkot Jogja dalam mengatasi stunting melalui Mbagehi dan Ngluwihi (bantuan sayur dan makanan bergizi) bagi ibu hamil dan ibu menyusui serta keluarga balita.

"Dengan perhatian dan bantuan tersebut kondisi ibu hamil, ibu menyusui dan anak dalam keluarga balita dapat dikontrol pemenuhan gizinya dan perkembangan pertumbuhannya guna mencegah terjadinya stunting," jelas Heroe.

BACA JUGA: Kawal Pelaksanaan Anggaran, Kanwil DJPB DIY Gelar One on One Meeting

Mantri Pamong Praja Gondokusuman, Guritno menuturkan, kampung Kotabaru merupakan kampung yang aktif serta melahirkan banyak atlet yang berprestasi dalam kejuaraan olahraga dari tingkat daerah hingga nasional.

Pihaknya mengapresiasi upaya pemerintah Kelurahan dan warga setempat yang banyak memberikan kontribusi dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan.