Advertisement

Polda DIY Bikin Lomba Orasi Demo, Berhadiah Puluhan Juta

Lugas Subarkah
Rabu, 24 November 2021 - 22:17 WIB
Bhekti Suryani
Polda DIY Bikin Lomba Orasi Demo, Berhadiah Puluhan Juta Ilustrasi demonstrasi - ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN-Menindaklanjuti kegiatan dari Polri dalam memperingati hari HAM sedunia, Polda DIY membuka pendaftaran Lomba Orasi Unjuk Rasa Piala Kapolri 2021 yang akan diselenggarakan pada 10 Desember mendatang.

Kabid Humas Polda DIY, Kombes Pol Yulianto, menjelaskan sesuai arahan Kapolri, lomba orasi ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan ruang dan wadah kepada masyarakat dalam menyampaikan aspirasi dan ekspresinya.

Advertisement

Maka ia pun membuka bagi masyarakat DIY yang hendak mengikuti perlombaan ini untuk mendaftar ke Polda DIY. “Bagi elemen masyarakat maupun elemen apapun yang ingin mengikuti lomba orasi dalam rangka hari HAM sedunia, bisa mendaftar dengan menghubungi Humas Polda DIY,” ujarnya, Rabu (24/11).

Lomba Orasi Unjuk Rasa ini mengusung tema Memperingati Hari Hak Asasi Manusia, dengan sub tema acara tersebut bersifat bebas. “Atau dengan kata lain, peserta nantinya dibebaskan untuk menyampaikan orasi dalam bentuk kritik ataupun masukan yang membangun,” katanya.

BACA JUGA: Bahas Isu Global, Puan Maharani Hadiri Sidang IPU ke-143 di Madrid

Kegiatan ini merupakan komitmen dari Polri yang sangat menghargai aspirasi-aspirasi dari masyarakat yang merupakan salah satu dari hak asasi manusia. Hal itu sebagaimana dengan UUD 1945 Pasal 28 dan UU Nomor 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat Dimuka Umum.

Peserta lomba akan melalui proses seleksi di tingkat Polda yang nantinya akan disaring untuk masuk ke tingkat Mabes Polri. Seluruh unsur elemen masyarakat pun boleh ikut dalam kegiatan ini, mulai dari mahasiswa, buruh, tani dan elemen lainnya.

Peserta terdiri dari 1 tim yang bisa berisikan 5-15 orang. Pendaftaran lomba berlangsung pada 25-30 November. Setelah melewati proses penyaringan di tingkat Polda, nantinya pada tanggal 10 Desember peserta yang juara 1 di daerah akan tampil di tingkat pusat atau Mabes Polri.

Polri menyiapkan hadiah senilai Rp50 juta untuk juara pertama. Kemudian, Rp30 juta untuk juara kedua dan Rp20 juta bagi peserta juara ketiga. Lomba terkait menyalurkan kebebasan berekspresi dan berpendapat ini bukan yang pertama, sebelumnya Polri juga telah menggelar festival lomba mural pada Oktober lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Letusan Gunung Ruang Berisiko Tsunami, Begini Kronologi Erupsinya

News
| Kamis, 18 April 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement