Advertisement

KSE UGM dan Sekolah Sungai Kukuhkan Kader Anak Code

Yosef Leon
Sabtu, 27 November 2021 - 18:47 WIB
Sunartono
KSE UGM dan Sekolah Sungai Kukuhkan Kader Anak Code Suasana pengukuhan kader anak Code di Kampung Jetisharjo oleh paguyuban KSE UGM bekerja sama dengan sekolah sungai, Sabtu (27/11). - Dok. KSE UGM

Advertisement

Harianjogja.com, JETIS - Paguyuban Karya Salemba Empat Universitas Gadjah Mada (KSE UGM) bekerja sama dengan sekolah sungai Kampung Jetisharjo mengukuhkan puluhan kader anak Code pada Sabtu (27/11/2021). Pengukuhan ini diharapkan menjadi semangat baru dalam upaya menjaga kelestarian dan ekosistem sungai.

Deputi Pengajaran Paguyuban KSE UGM, Widya Sukma Devi mengatakan, sebelumnya KSE UGM bersama sekolah sungai telah mengadakan berbagai kegiatan kepada sejumlah anak di Kampung Jetisharjo. Beragam kegiatan pembelajaran diarahkan untuk mengenal sungai beserta ekosistemnya kepada anak sejak dini.

Advertisement

BACA JUGA : PDM Jogja Bentuk Kader Lingkungan Hidup dan Ketahanan

"Kegiatan telah kami lakukan sejak satu bulan pada akhir pekan bisa indoor atau outdoor dan pengukuhan kader ini sebagai tanda bahwa mereka telah melewati proses," ujarnya.

Widya memaparkan, ada beberapa tema yang diajarkan pihaknya kepada para anak-anak di Kampung Jetisharjo. Diantaranya yakni berupa pengenalan jenis dan nama sungai, susur sungai dan pembelajaran ekosistem yang terdapat di sungai. Upaya ini dilakukan untuk mengenalkan pentingnya menjaga kelestarian sungai kepada anak.

"Kami juga kenalkan jenis-jenis sampah dan mengajarkan bahwa sungai bukan tempat membuang sampah," kata Widya.

Pengelola sekolah sungai Kampung Jetisharjo, Totok Pratopo menyebut, pengukuhan kader anak Code menandai bahwa mereka yang dilantik telah diberi pengetahuan tentang menjaga dan merawat sungai dari sampah. Anak-anak yang dikukuhkan diharapkan bisa menularkan semangat pelestarian kepada sebanyak mungkin anak-anak lain.

"Kita bisa lihat bahwa sekarang masih banyak sampah di sungai Code, harapan kita satu atau dua tahun lagi dengan semangat kader anak Code sungai ini bisa menjaga agar sungai bebas dari sampah," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement