Waduh..Sejumlah EWS di Bantul Sirinenya Tidak Berbunyi

Early Warning System - Ist/OPI
28 November 2021 23:57 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL- BPBD Bantul menggelar pemeriksaan sejumlah perangkat early warning system (EWS) atau sistem peringatan dini yang ada di Kabupaten Bantul. Dari hasil pemeriksaan sebagian besar EWS berfungsi dengan baik.

Plt. Kepala Pelaksana BPBD Bantul, Agus Yuli pada Minggu (28/11/2021) menerangkan sebanyak 15 di wilayah Bantul diperiksa pada pekan lalu. Mayoritas peranti voice pasa EWS masih berbunyi, meski ada beberapa sirine yang tidak berbunyi.

Dijelaskan Agus EWS di Masjid Ngentak, Poncosari baik Voice dan Sirine berbunyi dengan baik. Hal serupa terjadi di Togor Pandansari, Togor TPR Samas dan Masjid Cangkring yang mana voice dan sirine EWS berbunyi dengan baik.

"Voice dan sirine EWS di POS SAR Pantai Baru, Masjid Karang, Masjid Al Huda Tegalrejo, Togor Pandansimo, Masjid Pranasakti Samas, Togor Parangharjo, Masjid Tegalsari, Srigading dan Masjid Al Muttaqin, Ngepet juga berbunyi dengan baik," tuturnya.

BACA JUGA: Indonesia Loloskan 4 Wakil di BWF World Tour Final 2021

Temuan BPBD Bantul ada tiga EWS yang tidak berfungsi voice dan sirine EWS-nya. "Togor Tirtohargo, POS SAR Pantai Parangtritis, Masjid Al Husna, Gunung Kunci voice dan sirinenya ridak berbunyi," ujarnya.

"Harapanya dari pemeriksaan ini seandainya terjadi bencana sewaktu-waktu maka EWS bisa berfungsi dengan baik. sehingga peringatan dini kepada masyarakat bisa cepat, lancar dan akurat," tukasnya.