Advertisement

Bandara YIA Krisis Keuangan, Pemda DIY Bantah karena Lokasi Jauh

Jumali
Kamis, 09 Desember 2021 - 15:37 WIB
Bhekti Suryani
Bandara YIA Krisis Keuangan, Pemda DIY Bantah karena Lokasi Jauh Suasana bandara Yogyakarta International Airport (YIA) pada Sabtu (1/5/2021). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Pemda DIY angkat bicara ihwal krisis keuangan yang mendera PT Angkasa Pura I.

PT Angkasa Pura I (Persero) selaku pengelola Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) belum lama ini menyatakan merasionalisasi sejumlah lini bisnis dan mengurangi karyawan. Kebijakan ini diambil karena minimnya pendapatan selama pandemi Covid-19.

Advertisement

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan, kerugian yang dialami oleh PT Angkasa Pura I lebih dikarenakan adanya bencana Covid-19.

Pandemi Covid-19 membuat masyarakat tidak melakukan perjalanan. Hal sama juga dilakukan oleh lembaga atau organisasi perangkat daerah (OPD) dan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tidak banyak melakukan perjalanan.

Hal ini berdampak kepada operasional YIA. Karena minimnya warga maupun lembaga melakukan perjalanan, membuat pendapatan YIA dan pedagang serta UKM di kawasan bandara berkurang.

"Jadi tidak rugi, kalau tidak ada pandemi Covid-19. Di Adisutjipto saja kita sudah overload kan," kata Aji, Kamis (9/12/2021).

Namun, seiring dengan perjalanan waktu, diakui Aji, adanya kelonggaran dari pemerintah dan menurunnya angka Covid-19 mendorong masyakarat mulai kembali melakukan perjalanan.

"Mudah-mudahan ini mulai menggeliat. Perjalanan juga mulai banyak orang bahkan kita juga berharap nanti banyak directflight [penerbangan langsung] dari luar negeri," harap Aji.

BACA JUGA: Pembatasan Mobilitas Akhir Tahun Diperlukan untuk Cegah Covid-19

Aji menandaskan, kerugian yang dialami oleh YIA bukan karena lokasi bandara. Sebab, meski lokasi YIA jauh dari Kota Jogja, hal itu bisa diatasi dengan sejumlah moda transportasi darat, baik mobil maupun angkutan kereta.

"Apalagi sebentar lagi kita punya tol di sana. Jadi orang datang ke jogja itu tidak datang ke Jogja bukan karena YIA jauh, ya, karena pandemi," tandas Aji.

Sebelumnya, PTS General Manager Bandara Internasional Yogyakarta, Agus Pandu Purnama, mengatakan sejumlah langkah rasionalisasi akan ditempuh oleh perseroan mengingat selama pandemi Covid-19 jumlah penumpang di Bandara YIA tidak memenuhi target.

Dikatakan Agus Pandu, target penumpang bandara YIA tidak terpenuhi. Pada 2020 silam, perseroan menargetkan jumlah penumpang mencapai 10 juta penumpang. Namun, realisasinya hanya mencapai 98.000 penumpang atau hanya 10 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement