Advertisement

Pemkot Jogja Raih Penghargaan Smart City Award 2021 Kategori Smart Living

Sirojul Khafid
Rabu, 15 Desember 2021 - 13:47 WIB
Budi Cahyana
Pemkot Jogja Raih Penghargaan Smart City Award 2021 Kategori Smart Living Johnny G. Plate (paling kiri) dan Tri Hastono (kedua dari kanan) dalam acara penyeragan penghargaan Smart City di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Banten, Selasa (14/12/2021). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja mendapatkan penghargaan Smart City kategori Smart Living dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo). Penghargaan diberikan oleh Menkominfo, Johnny G. Plate. Jogja dianggap memiliki tata kelola yang semakin baik dengan implementasi smart city.

Kota Jogja menjadi satu dari 100 kabupaten atau kota yang berhasil meraih penghargaan ini pada 2021. “Penghargaan ini sebagai apresiasi kepada Kota Jogja yang terus berkomitmen dalam percepatan penyelenggaraan digitalisasi birokrasi,” kata Johnny di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Banten, Selasa (14/12/2021).

Advertisement

BACA JUGA: Ini Penampakan Vila yang Dijual Seharga Rp7,4 Triliun

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Komifosan) Kota Jogja, Tri Hastono, mengatakan quick win yang masuk dalam ajang ini adalah program Gandeng Gendong. Program Gandeng Gendong merupakan gerakan bersama yang melibatkan seluruh elemen pembangunan dalam rangka pemberdayaan dan peningkatan ekonomi masyarakat, khususnya percepatan penanggulangan kemiskinan dengan lebih mengedepankan pada pemberdayaan masyarakat.

“Gandeng Gendong adalah upaya Pemkot Jogja untuk mensinergikan dan bekerjasama dengan seluruh stakeholder dalam mencapai kesejahteraan masyarakat Kota Jogja,” kata Tri dalam keterangan tertulisnya, Selasa malam.

Dalam penerapannya, konsep Gandeng-Gendong terintegrasi dengan aplikasi Jogja Smart City (JSS). Aplikasi JSS merupakan representasi layanan Pemkot Jogja dalam dunia maya. Banyak layanan seperti administrasi kependudukan, Nglarisi, Dodolan, Print from Home, Serat Layon, Konsultasi Belajar Siswa (KBS) Online, dan lainnya.

"Nglarisi ini sebagai alat bantu untuk kelompok usaha menengah kecil berbasis kampung atau komunitas dalam memasarkan produk kuliner berupa snack dan nasi ke dalam lingkungan Pemkot Jogja," katanya.

Sementara KBS Online meurpakan inovasi untuk membantu peserta didik SD dan SMP dalam memahami pembelajaran di sekolah. "Di masa pandemi, KBS Online dikembangkan dari platform website menjadi platform yang lebih interaktif yaitu Zoom Meeting dan live streaming Youtube. Para peserta didik dapat bertanya langsung kepada narasumber dan materi pembelajaran dapat di-review kapan pun dan di mana pun," kata Tri.

Selain penyerahan penghargaan Smart City, adapula pameran virtual yang menggambarkan pencapaian maupun rencana pembangunan berbasis Smart City dari masing-masing kota atau kabupaten. Pameran virtual digelar 14 hingga 28 Desember 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 4 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lowongan Kerja: Kementerian PUPR Akan Buka 6.300 Formasi CPNS dan 19.900 PPPK, Ini Rinciannya

News
| Sabtu, 20 April 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement