Telentang di Jalan, ODGJ Gunungkidul Tertabrak Motor Hingga Leher Putus

Ilustrasi - Freepik
16 Desember 2021 17:07 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pemotor dan pejalan kaki terjadi di ruas jalan Wonosari-Semanu di Dusun Mijahan, Kalurahan Semanu, Semanu, Kamis (16/12/2021) pagi saat jalanan gelap. Korban adalah orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang telentang di jalan dan meninggal dunia dengan leher terputus.

Kasatlantas Polres Gunungkidul, AKP Martinus Griyavinto Sakti, mengatakan korban bernama Irwan Sanusi, 26, asal Kalurahan Karangrejek, Wonosari. Dia mengalami gangguan jiwa. “Korbannya memang berstatus ODGJ,” kata Martinus.

BACA JUGA: Jogja Cabut Edaran Penundaan Libur Sekolah Akhir Tahun

ODGJ tersebut tertabrak sepeda motor Yamaha Vixion AB 6852 VD yang dikendarai Pegi Pratama asal Kalurahan Semugih, Rongkop. Kejadian bermula saat Pegi mengendarai sepeda motor dari Wonosari menuju Semanu. Sesampainya di lokasi kejadian, dia kaget saat mendapati si ODGJ yang telentang di jalan. Tabrakan tidak terhindarkan.

“Jaraknya terlalu dekat hingga terjadi tabrakan,” kata Kasatlantas.

Martinus mengatakan korban meninggal dunia karena lehernya putus. “Pengendara motor tidak luka dan motornya lecet-lecet sedikit,” katanya.

BACA JUGA: Omicron Masuk Indonesia, Sultan Perintahkan Jajarannya di DIY Bersiap

Kepala Unit Penegakkan Hukum, Satlantas Polres Gunungkidul, Iptu Darmadi, mengatakan kecelakaan terjadi karena di sekitar lokasi minim penerangan sehingga pengendara kaget.

Darmadi mengungkapkan polisi sudah memeriksa sejumlah saksi, termasuk keluarga korban. Hasil dari keterangan diketahui korban juga memiliki riwayat epilepsi. “Ini masih kami kembangkan dan mungkin sebelum kejadian epilepsinya kambuh sehigga korban tergeletak di jalan,” kata dia.