200 Pendekar Tapak Suci Jawa-Bali Ikuti Ujian Kenaikan Tingkat di Jogja

Ratusan Pendekar Perguruan Bela diri Indonesia Tapak suci Putera Muhammadiyah dari berbagai daerah di Jawa dan Bali mengikuti uji kenaikan tingkat di Jogja, Sabtu (18/12). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak.
19 Desember 2021 06:17 WIB Abdul Hamied Razak Jogja Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Ratusan Pendekar Perguruan Bela diri Indonesia Tapak suci Putera Muhammadiyah dari berbagai daerah di Jawa dan Bali mengikuti uji kenaikan tingkat di Jogja, Sabtu (18/12). Uji kenaikan tingkat ini dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Ketua Pimpinan Pusat Tapak Suci Putera Muhammadiyah Muhammad Afnan Hadikusumo mengatakan ujian kenaikan tingkat Pendekar Tapak Suci diikuti 200 peserta seJawa Bali. Peserta yang mengikuti ujian kenaikan tingkat pendekar ini beragam tingkatannya.

"Ada yang dari Kader Utama menuju Pendekar Muda, Pendekar Muda menuju Pendekar Madya, Pendekar Madya menuju pendekar kepala  dan Pendekar Kepala menuju Pendekar Utama," katanya disela kegiatan.

Panitia, lanjut Anggota DPD RI ini, membatalkan keikutsertaan pendekar Tapak Suci dari wilayah Jawa Timur karena jumlah pesertanya yang sangat banyak. "Oleh karena itu Panitia akan mengadakan kegiatan serupa sekitar bulan Januari 2022 mendatang," katanya.

Adapun materi ujian kenaikan tingkat pendekar meliputi ragawi dan eilmuan, fisik dan mental, pengetahuan organinsasi Tapak Suci, Al Islam dan Kemuhammadiyahan. Penguji berasal dari Pimpinan Pusat.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini diharapkan akan melahirkan pendekar-pendekar sejati, berkualitas sebagai penerus Perguruan tapak Suci. "Ujian kenaikan tingkat Pendekar kali ini digelar dengan aturan-aturan tertentu untuk mengantisipasi adanya ijazah-ijazah yang disinyalir palsu di beberapa daerah," ujar Adnan.