Advertisement

Unik, di Seyegan Ada Pohon Pisang Berbuah 3 Cabang

Abdul Hamied Razak
Senin, 20 Desember 2021 - 12:27 WIB
Sunartono
Unik, di Seyegan Ada Pohon Pisang Berbuah 3 Cabang Pohon pisang dengan jantung tiga cabang. - Ist.

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Pohon pisang ambon tumbuh unik di kompleks kelompok perikanan Mina Warta Dusun Ngentak, Kalurahan Marguluwih, Kapanewon Seyegan, Sleman. Keunikan pohon pisang ini memiliki dua cabang dan tiga jantung yang tumbuh sekaligus.

Menurut Sulistyanto, pemilik buah pisang unik ini satu cabang pisang memiliki satu jantung dan cabang lainnya memiliki dua jantung. Masing-masing jantung mulai membuka dua sampai tiga kelopak buah. "Saya sampai lupa kapan nanamnya. Tapi baru ketahuan beberapa hari lalu. Saya dikabari mbah kaum," kata Sulistyanto saat dihubungi Harianjogja.com, Senin (20/12).

Waktu membeli bibit pisang beberapa bulan lalu, Sulis mengaku membeli bibit pisang tersebut di bakul. Waktu itu ia memilih harga Rp20.000an. Bibit pisang itu tumbuh lumayan tinggi sebelum ditanam. "Ya bisa tumbuh bercabang seperti itu ya untung-untungan. Tidak ada firasat apa-apa, wong niatnya cuma nanam pisang," katanya.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Ia mengatakan, ada kemungkinan pisang bercabang dua dan berjantung tiga itu memiliki kelainan genetik. Pasalnya pohon pisang lainnya yang ditanam tumbuh normal dan tidak memiliki kelainan. "Selain pisang ambon yang bercabang itu, saya juga menanam pisang gepok. Tapi tumbuh normal seperti biasa. Yang pisang ambon itu berbeda," katanya. 

Agar buah pisang ambon itu bisa lebat, Sulis berencana memotong jantung pisang tersebut. Ia tetap akan mempertahankan pohon pisang unik tersebut untuk dibudidaya. "Nanti kalau sudah waktunya jantung pisang akan saya potong agar buahnya bisa lebat," kata Sulis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Perpadi Sebut Beras Selundupan dari Vietnam Beredar di Indonesia

News
| Kamis, 06 Oktober 2022, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Satu-satunya di Kabupaten Magelang, Wisata Arung Jeram Kali Elo Terus Dikembangkan

Wisata
| Kamis, 06 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement