Data Kali Gendol Dipetakan

Tim Frogs Solusi Indonesia menerbangkan drone, dalam pemetaan untuk pengambilan data di Kali Gendol, Jumat (31/12/2021). - Istimewa/Dokumen Frogs Solusi Indonesia
03 Januari 2022 07:47 WIB Lugas Subarkah Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Frogs Solusi Indonesia bersama dengan Balai Litbang Sabo Jogja memetakan dan mengambil data di Kali Gendol, Jumat (31/12/2021). Kegiatan ini dilakukan menggunakan pesawat nirawak (drone) UAV dengan jangkauan seluas 100 hektare dalam sekali terbang.

VP of Business Frogs Solusi Indonesia, Filardi Ayun menuturkan pemetaan ini bertujuan untuk mendapatkan data perbandingan sebelum dan sesudah apabila terjadi bencana erupsi di Gunung Merapi. Dalam hal ini, prabencana dapat digunakan untuk manajemen pencegahan bencana khususnya untuk meminimalkan risiko timbulnya kerugian saat terjadi bencana.

Selain itu, kegiatan ini juga untuk menghitung volume sumber daya yang tersedia saat ini. Jika volume dam sudah terisi maka pemerintah bisa melakukan penggalian agar dam dapat menampung lebih banyak muatan, sehingga tidak ada tumpahan lahar yang mencapai desa sekitarnya.

"Nantinya data hasil yang kami peroleh akan diserahkan kepada pihak yang membutuhkan di antaranya Balai Litbang Sabo, Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman, maupun dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah [BPBD] untuk kebutuhan analisis dampak bencana," ujarnya.

Hasil pemetaan dapat berupa orthomosaic atau peta foto udara dan kondisi eksisting penggunaan lahan dam dan sekitarnya. Ada pula data hasil yang kami serahkan dalam bentuk digital eveion model (DEM) untuk menginformasikan bentuk permukaan dalam bentuk data. "Harapan kami data hasil pemetaan dapat mengurangi dampak terjadinya erupsi Gunung Merapi dan juga dapat menjadi acuan data untuk pencegahan awal sebelum terjadinya bencana," katanya.