Advertisement

Dapat Ganti Rugi Tol Jogja-Bawen, Miliader Baru Bermunculan di Margokaton Sleman

Abdul Hamied Razak
Senin, 10 Januari 2022 - 17:57 WIB
Budi Cahyana
Dapat Ganti Rugi Tol Jogja-Bawen, Miliader Baru Bermunculan di Margokaton Sleman Warga Margokaton, Seyegan, Sleman mulai menerima uang ganti kerugian pembangunan Tol Jogja-Bawen, Senin (10/1/2022). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pembayaran uang ganti kerugian (UGK) untuk lahan Tol Jogja-Bawen memunculkan miliarder-miliarder baru di Margokaton, Kapanewon Seyegan, Sleman. Puluhan warga Margokaton menerima uang ganti rugi hingga miliaran rupiah.

Sutopo, misalnya. Dia menerima sekitar Rp2 miliar sebagai pengganti lahan pertanian miliknya yang terdampak pembangunan tol. "Hanya satu bidang, luasnya 1.260 meter persegi. Kalau harga lahannya memang di atas harga pasaran saat ini," kata Sutopo kepada Harian Jogja, Senin (10/1/2022).

BACA JUGA: Baru 6 Tahun Lalu Beli Tanah, Pria Ini Dapat Rp7,5 Miliar dari Ganti Rugi Tol Jogja-Solo

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Meskipun menjadi miliader baru, Sutopo mengaku tetap ingin bertani. Sebagian besar UKG yang diterima akan digunakan untuk membeli lahan pengganti. Sebagian lainnya untuk memperbaiki rumah. "Beli tanah itu termasuk pulung, tapi sudah ada target. Nanti lahan yang baru tetap saya tanami rumput untuk peternakan lembu saya," katanya.

Selain Sutopo, beberapa warga lainnya juga menerima uang ganti hingga miliaran rupiah. Didin Kurniawan medapatkan nilai Rp2,3 miliar untuk luas lahan 1.064 meter persegi. Begitu juga dengan Indriyani yang menerima uang ganti rugi Rp1 miliar lebih meskipun luas lahan hanya 593 meter persegi.

BACA JUGA: Tergusur Tol Jogja-Solo, Permukiman 1 RT Kini Rata dengan Tanah

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satker Pelaksanaan Jalan Bebas Hambatan (PBJH) Jogja-Solo dan Jogja-Bawen Wijayanto mengatakan pembayaran UGK di Margokaton dibagi dalam empat hari. Total 227 bidang dengan nilai ganti rugi lebih dari Rp95 miliar.

“Hari ini nilai UGK terkecil Rp1,5 juta karena hanya terkena 1 meter, terbesar Rp3,3 miliar dengan luas lahan lebih dari 2.000 meter persegi,” katanya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

BKKBN DIY Gelar Wisuda Ratusan Lansia

BKKBN DIY Gelar Wisuda Ratusan Lansia

Jogjapolitan | 2 hours ago

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditugasi Megawati, Puan Akan Temui AHY Meski Demokrat dan PDIP Tak Akur

News
| Selasa, 27 September 2022, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement