Advertisement

Pemda DIY: Vaksin Booster di JEC Khusus Menyasar Pengguna Sinovac Dosis 1 & 2

Sunartono
Kamis, 13 Januari 2022 - 18:17 WIB
Bhekti Suryani
Pemda DIY: Vaksin Booster di JEC Khusus Menyasar Pengguna Sinovac Dosis 1 & 2 Salah satu pelajar mengikuti vaksinasi di SMK Muhammadiyah Berbah, Sleman, Kamis (4/11/2021). - Ist.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Pemda DIY menargetkan 1.500 warga mendapat vaksin booster setiap harinya di Jogja Expo Center (JEC) yang dimulai Kamis (13/1/2022).

Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Paku Alam X mengatakan vaksin booster ini prioritas untuk lansia dan komorbid di DIY. Beberapa di antaranya memang ada ASN dengan usia lansia dan komorbid. Karena varian baru Covid-19 lebih beresiko bagi warga yang memiliku komorbid. Booster ini diberikan secara massal selama tiga hari.

Advertisement

"Selama tiga hari ini kick off nanti akan dilanjutkan di fasilitas layanan kesehatan. Kebetulan saya juga sudah [booster]," kata Paku Alam X di sela-sela meninjau vaksinasi booster di JEC Kamis (13/1/2022).

BACA JUGA: Pembangunan Jembatan Songbanyu yang Diterjang Banjir Habiskan Rp1,3 Miliar

Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembajun Setyaningastutie mengatakan vaksin booster massal di JEC untuk sementara diprioritaskan kepada lansia yang telah divaksinasi dosis pertama dan kedua Sinovac. Karena stok vaksin Astrazeneca dan Pfizer di DIY masih banyak dan telah diizinkan Pemerintah Pusat untuk booster. Sehingga warga yang menggunakan Sinovac pada dosis pertama dan kedua, maka booster hanya diberikan setengah dosis untuk jenis Pfizer dan Astrazeneca.

"Diberikan setengah dosis untuk Pfizer dan Astrazeneca. Jadi untuk tiga hari ke depan ini kami kejar yang primernya Sinovac karena yang memakai Sinovac cukup banyak. Untuk yang primernya Astrazeneca mungkin bulan depan," katanya.

Target vaksin booster massal itu sekitar 5.000 orang selama tiga hari dengan asumsi minimal 1.500 per hari. Setelah lansia dan ASN, akan dilanjutkan dengan para guru tenaga kependidikan. "Untuk ketersediaan vaksin di DIY kami pastikan aman," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Darurat, Kasus Demam Berdarah di Amerika Tembus 5,2 Juta, 1.800 Orang Meninggal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement