Advertisement

Pembangunan Jembatan Songbanyu yang Diterjang Banjir Habiskan Rp1,3 Miliar

David Kurniawan
Kamis, 13 Januari 2022 - 17:07 WIB
Budi Cahyana
Pembangunan Jembatan Songbanyu yang Diterjang Banjir Habiskan Rp1,3 Miliar Sejumlah pekerja sedang menyelesaikan pengerjaan jembatan darurat di Kalurahan Songbanyu, Girisubo, Jumat (12/2 - 2021).Ist/Dok. Kapanewon Girisubo

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pembangunan jembatan Songbayu di Kalurahan Songbayu, Girisubo, Gunungkidul, menghabiskan anggaran Rp1,3 miliar. Jembatan itu untuk menggantikan jembatan lama yang putus diterjang banjir.

Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul menargetkan pembangunan selesai di pertengahan tahun ini.

Advertisement

BACA JUGA: Pembangunan Jembatan Songbayu Paling Cepat Dilaksanakan Tahun Depan

Kepala Bidang Bina Marga DPUPRKP Gunungkidul Wadiyana mengatakan Jembatan Songbanyu menjadi pengganti jembatan darurat yang dibangun pada awal 2021 lalu. Jembatan darurat dibangun karena jembatan utama yang menjadi akses penghubung warga putus karena diterjang banjir bandang. Aktivitas masyarkat pun terganggu.

“Kejadiannya memang di 2021, tapi untuk pembangunan jembatan permanen baru terlasksana di tahun ini,” katanya, Kamis (13/1/2022).

Perencanaan pembangunan jembatan permanen sudah selesai dengan anggaran sekitar Rp1,3 miliar.

“Pagunya sudah disiapkan dan telah masuk di program kegiatan yang dibiayai APBD 2022,” katanya.

Sesuai dengan perencanaan, pembangunan memakan waktu 150 hari dan diperkirakan selesai di pertengahan tahun ini. “Mudah-mudahan pemenang lelang bisa segera ditemukan sehingga pengerjaan bisa segera terlaksana,” katanya.

Wadiyana menambahkan pembangunan jembatan ini akan memudahkan aktivitas warga masyarakat. Salah seorang warga Songbanyu, Badri mengatakan, selama satu tahun terakhir warga melewatu jembatan darurat. “Kalau tidak ada jembatan darurat, warga harus memutar jauh,” katanya.

BACA JUGA: Butuh Biaya Rp1,8 Miliar, Kapan Jembatan Songbanyu Dibangun?

Badri mengungkapkan, hujan deras yang melanda pada saat itu tidak hanya merusak jembatan Songbanyu tetapi menimbulkan banjir di sejumlah di Kapanewon Girisubo seperti di perkampungan nelayan di Pelabuhan Sadeng dan SMP Negeri 1 Girisubo.

“Dulu malah sempat ada yang mengungsi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement