Advertisement

Pemkot Jogja dan RS PKU Muhammadiyah Beri Tali Kasih ke Tukang Parkir Terdampak Proyek Pedestrian

Yosef Leon
Selasa, 18 Januari 2022 - 16:27 WIB
Bhekti Suryani
Pemkot Jogja dan RS PKU Muhammadiyah Beri Tali Kasih ke Tukang Parkir Terdampak Proyek Pedestrian Suasana penyerahan tali kasih berupa uang tunai oleh Pemkot Jogja dan RS PKU Muhammadiyah Jogja kepada para jukir, Selasa (18/1/2022)/Harian Jogja - Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja bersama rumah sakit (RS) PKU Muhammadiyah Jogja memberi tali kasih berupa uang tunai kepada sejumlah juru parkir RS setempat yang terdampak revitalisasi pedestrian Jalan Ahmad Dahlan, Selasa (18/1/2022). Tali kasih itu diharapkan bisa menjadi modal awal bagi para jukir untuk beralih mencoba profesi lain.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Jogja, Kadri Renggono mengatakan, pengelolaan perparkiran menjadi sesuatu bagian yang vital di wilayah perkotaan. Khususnya Kota Jogja, dengan lahan yang minim dan jumlah kendaraan yang terus meningkat, metode parkir konvensional mestinya diubah.

Advertisement

Hal ini tentunya berdampak pada beragam sektor dan juga profesi lain yang membidangi perparkiran. Namun, ia memastikan bahwa hal ini semata-mata guna memastikan keberlanjutan kawasan perkotaan utamanya sektor transportasi dapat berjalan beriringan dengan penataan wajah kota yang optimal.

"Sehingga inovasi yang kita [Pemkot Jogja] dorong adalah bagaimana pengelolaan perparkiran bisa diwujudkan dengan skema parkir vertikal sesuai dengan aturan di Perda Nomor 1 Tahun 2020," jelas Kadri.

BACA JUGA: Melapor Diperkosa Polisi di Bandungan, Istri Tersangka Judi Mengaku Dihina Polisi

Menurut Kadri, dengan skema parkir vertikal swasta diperbolehkan untuk mengajukan izin pengelolaan parkir dengan sejumlah ketentuan dengan tetap mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat. "Dengan luas wilayah yang terbatas, pilihan yang baik adalah parkir vertikal dan lokasinya harus berdekatan dengan bangunan utama," kata dia.

Sementara, Direktur Utama RS PKU Muhammadiyah Jogja, Mohammad Komarudin mengatakan, dengan adanya revitalisasi pedestrian di kawasan Jalan Ahmad Dahlan sedikit banyak berpengaruh terhadap suasana di kawasan itu. Sehingga, pedestrian yang dulunya kerap dijadikan lokasi parkir dan berjualan kini mesti difungsikan khusus bagi pejalan kaki.

Komarudin menyebut, pihaknya bekerja sama dengan Lazismu pada kesempatan itu juga memberikan tali kasih senilai Rp92 juta kepada para jukir yang biasa beroperasi di kawasan itu. Pihaknya berharap agar bantuan bisa digunakan sebagai modal usaha serta modal pemberdayaan lainnya.

"Dengan pemberian tali asih ini, kita harapkan sedikit banyak membantu meringankan teman-teman yang terdampak dengan adanya revitalisasi pedestrian. Diharapkan bisa digunakan sebagai modal usaha dan silaturahmi kita tetap terjaga," ujarnya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kapan Kantor Pemerintah Pindah ke IKN? Ini Kata Luhut

News
| Senin, 23 Mei 2022, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Arti 4 Prasasti yang Tertempel di Tugu Jogja

Wisata
| Senin, 23 Mei 2022, 14:27 WIB

Advertisement

Advertisement