Advertisement

Lebih Besar dari Qzruh & Joxin, Ini Deretan Geng Paling Berbahaya di Dunia

Budi Cahyana
Rabu, 26 Januari 2022 - 21:24 WIB
Budi Cahyana
Lebih Besar dari Qzruh & Joxin, Ini Deretan Geng Paling Berbahaya di Dunia El Chapo (kiri) pemimpin Kartel Sinaloa, geng paling berbahaya di Meksiko. - ibtimes

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Tak hanya di Jogja yang dahulu punya beberapa geng legendaris, seperti Qzruh atau Joxin, berbagai negara di belahan dunia juga memiliki geng yang jauh lebih brutal dan berbahaya.

Tak sedikit dari geng-geng tersebut beroperasi sebagai organisasi kriminal yang terlibat pembunuhan, perdagangan obat terlarang, dan penculikan.

Advertisement

BACA JUGA: Mengenal Qzruh, Geng Legendaris Kota Jogja yang Masih Eksis Sampai Sekarang

Sejumlah geng bahkan sering terlibat baku senjata dengan aparat keamanan. Daftar berikut ini adalah gangster-gangster ternama yang dianggap paling berbahaya di dunia, sebagaimana dilansir dari gq.com dan mensxp.com.

Mara Salvatrucha

Beroperasi di Los Angeles, Amerika Serikat dan El Salvador. Mara Salvatrucha adalah geng transnasional yang dibentuk semasa perang sipil di El Salvador pada dekade 1980-an. Geng yang menjadi organisasi kriminal ini diperkirakan punya 70.000 anggota di seluruh dunia, bahkan sampai Australia.  Pada 2015, Mara Salvatrucha terlibat dalam beberapa kriminalitas di Amerika Serikat. Geng ini terkait erat dengan politik dan menyokong FMLN, salah satu partai politik terbesar di El Salvador.

Los Zetas

Advertisement

Los Zetas berasal dari Tamaulipas, Meksiko, dan beroperasi sejak 1999. Gangster ini dibentuk oleh beberapa mantan skuat elit militer Meksiko. Pemerintah Amerika Serikat mengidentifikasinya sebagai kartel narkotika paling berbahaya di Meksiko. Los Zetas punya sejarah panjang pemerasan dan korupsi di Meksiko serta secara reguler merekrut bekas polisi dan aparat keamanan serta tentara Amerika Serikat.

Kartel Sinaloa

Sesuai namanya, Kartel Sinaloa berasal dari Sinaloa, Meksiko dan dibentuk pada 1989. Kartel Sinaloa adalah penguasa perdagangan narkotika lintas negara yang menggunakan kekerasan brutal. Kartel Sinaloa kerap memenggal kepala anggota geng rival. Pemimpin geng ini adalah salah satu bandar narkotika paling terkenal di dunia, Joaquin ‘El Chapo’ Guzman. Pengaruh Kartel Sinaloa bahkan sampai ke kebudayaan popuper. El Chapo banyak diulas dalam film dokumenter tentang perdagangan obat bius. Salah satu serial terpopuler Netflix, Narcos, terinspirasi dari Kartel Sinaloa.

14K Triad

Gangster terkenal dari China yang beroperasi sejak 1945 dan dikenal karena sering menjadi tema film-film Mandarin. Triad diyakini sebagai sindikat perdagangan obat bius terbesar kedua di dunia. Triad juga berperan dalam jejaring korupsi di Hong Kong beberapa dekade silam.

BACA JUGA: Tak Cuma Qzruh, Ini Nama-Nama Geng di Jogja

Camorra

Camorra adalah geng tertua di dunia, mulai lahir di Italia pada abad ke-16. Camorra kemudian menyebar dan melahirkan banyak organisasi kriminal ala Italia, mafia. Mafia Camorra terlibat dalam pembunuhan, perdagangan manusia, peredaran obat bius, hingga penyuapan. Camorra adalah organisasi kriminal pertama dari Italia yang masuk Amerika Serikat.

Ndrangheta

Ndrangheta berasal dari Calabria, Italia, dan dibentuk pada 1860. Selain di Italia, organisasi mafia ini banyak menanamkan pengaruh di Amerika Serikat dan menjadi geng paling berkuasa di Italia. Ndrangheta berusaha tak terlalu menampakkan diri di Italia dan berafilisasi dengan keluarga Gambino di Amerika serikat yang menginspirasi lahirnya film legendaris The Godfather.

Solntsevskaya Bratva

Solntsevskaya Bratva yang berbasid di Moskwa adalah mafia Rusia paling berkuasa. Geng ini punya koneksi dengan gangster di Amerika Latin untuk kepentingan perdagangan narkotika. Solntsevskaya Bratva juga terkait dengan politik. Menurut dokomen yang dibocorkan Wikileaks pada 2010, geng ini dikabarkan disokong oleh intelijen Rusia.

Mungiki

Geng berbahaya dari Kenya, Afrika. Mungiki menyokong sejumlah politisi di Kenya dan dikenal sangat kejam. Orang-orang yang mengkhianati geng ini dipenggal dan kepalanya dipajang di area publik. Menurut BBC, geng ini sudah dilarang pada 2002 tetapi masih punya pengaruh besar di beberapa wilayah di Kenya.

Yamaguchi-Gumi

Berasal dari Kobe, Jepang, dan lahir pada 1915. Organisasi kriminal transnasional yang dikenal dengan istilah Yakuza ini dianggap sebagai geng terbesar di dunia. Yakuza punya sejarah panjang memengaruhi pemerintahan Jepang lewat pendanaan partai politik dan politisi.

Cosa Nostra

Cosa Nostra adalah mafia Sisilia, Italia. Cosa Nostra adalah frasa dalam bahasa Italia yang berarti Urusan Kita. Cosa Nostra dipercaya berjejaring dengan sedikitnya 250.000 geng berbahaya di seluruh dunia. Aktivitas utama Cosa Nostra adalah pemerasan.

 

 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement