Advertisement

Enaknya…Belum Rekam e-KTP, Warga Lansia dan Difabel di Bantul Dilayani di Rumah

Ujang Hasanudin
Rabu, 26 Januari 2022 - 16:57 WIB
Bhekti Suryani
Enaknya…Belum Rekam e-KTP, Warga Lansia dan Difabel di Bantul Dilayani di Rumah Ilustrasi. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-Pemerintah Kabupaten Bantul melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kembali melanjutkan layanan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El) atau e-KTP di tahun ini karena dinilai efektif untuk mempercepat perekaman KTP-El. Masyarakat bisa langsung menghubungi layanan mobile perekaman ke Disdukcapil.

“Petugas layanan mobile perekaman KTP -El akan langsung mendatangi rumah penduduk yang belum melaksanakan perekaman KTP-El kategori lansia dan penyandang disabilitas,” kata Kepala Disdukcapil Bantul, Bambang Purwadi Nugroho, saat dihubungi Rabu (26/1/2022).

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Bambang memaparkan capaian perekaman KTP-El saat ini mencapai 727.504 orang dari total penduduk Bantul wajib KTP sebanyak 729.938 orang atau sekitar 99,7%. Yang tersisa atau belum melakukan perekaman KTP-El tinggal 2.073 orang. Sementara jumlah penduduk Bantul sebanyak  955.807 orang.

Meski tinggal 0,3% pihaknya terus berupaya menyelesaikan perekaman e-KTP untuk semua wajib KTP, termasuk bagi penduduk yang memasuki usia 17 tahun. Menurut Bambang, layanan jemput bola perekaman KTP-El dilakukan setiap Jumat, namun tidak menutup kemungkinan dilakukan setiap saat dengan melihat data sasaran yang akan dilakukan perekaman dari kategori lansia, disabilitas, dan warga sedang sakit.

Tidak hanya perekaman namun pencetakan KTP-El juga dilakukan ditempat sesuai dengan situasi dan kondisi, “Perekaman KTP-El di lokasi juga juga dilakukan kalau signalnya memungkinkan. Yang penting bisa direkam dulu dan masuk dalam sitem SIAK [Sistem Informasi Administrasi Kependudukan],” ujar Bambang.

BACA JUGA:Pemda DIY Jamin Usai Relokasi Tak Ada PKL Baru di Malioboro

Selain mendatangi ke rumah-rumah bagi warga yang kesulitan mobilitas, Disdukcapil juga melakukan perekaman KTP-El ke sekolah-sekolah atau warga yang memasuki usia 17 tahun sebagai persiapan pendataan Pemilu 2024 mendatang.

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Bantul, Sutinah, menyampaikan bahwa kegiatan jemput bola perekaman ini merupakan upaya Disdukcapil dalam memberikan layanan prima kepada masyarakat Bantul dengan mendatangi lansung ke rumah-rumah untuk memberikan pelayanan, “Jadi penduduk tidak perlu datang ke kapanewon atau kantor Disdukcapil untuk mendapatkan layanan, kami yang akan datang langsung,”katanya.

Advertisement

Pihaknya meminta masyarakat untuk menghubungi langsung Disdukcapil untuk mendatangkan layanan mobile bagi yang tidak memungkinkan untuk datang ke kapanewon atau kantor Disdukcapil, seperti warga usia lanjut, sakit keras, dan disabilitas.

Sutinah mencontohkan pada 5 Januari lalu pihaknya melayani warga di Sukorame, Kalurahan Mangunan, Kapanewon Dlingo. Padahal  medan yang dilalui agak menyulitkan karena harus naik ke jalan terjal di daerah Dlingo, “Petugas kami tetap sigap melaksanakan kegiatan perekaman KTP dengan semangat melayani sepenuh hati sesuai dengan ideologi kami yaitu pelayanan yang membahagiakan masyarakat,” tandasnya.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Awan Panas Semeru Masih Keluar, BPBD Lumajang Tetapkan Masa Tanggap Darurat 14 Hari

News
| Senin, 05 Desember 2022, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement