Advertisement

Covid-19 di Jogja Naik Berlipat, Sri Sultan: Jangan Khawatir Berlebihan

Sunartono
Jum'at, 28 Januari 2022 - 18:57 WIB
Bhekti Suryani
Covid-19 di Jogja Naik Berlipat, Sri Sultan: Jangan Khawatir Berlebihan Sri Sultan HB X. - Ist/Diskominfo DIY

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Gubernur DIY Sri Sultan HB X mengimbau kepada warga DIY agar tidak khawatir berlebihan dalam merespons kenaikan kasus Covid-19. Antisipasi penanganan sudah dilakukan oleh pemerintah daerah bersama kabupaten dan kota.

“Enggak usah kita punya kekhawatiran yang berlebihan karena memang ini kondisinya [memang] harus diantisipasi, tetapi gejalanya [terutama Omicron] mungkin orang tidak memperhatikan,” katanya di Kompleks Kepatihan, Jumat (28/1/2022).

Advertisement

Terutama untuk mendeteksi masuknya Omicron, lanjut Sultan, memang tidak mudah. Salah satu gejala Omicron memang menyerupai flu dan batuk. Namun tidak semua masyarakat ketika sakit langsung berasumsi dirinya Covid-19 sehingga tidak memeriksakan diri. Hal ini menurutnya sulit untuk dipantau.

“Misalnya saya sedikit batuk tetapi tidak berasumsi Omicron, misalnya begitu lho, tetapi diam saja, [lalu] berfikir ah paling-paling hanya batuk, minum obat batuk misalnya gitu lho, kan juga bisa. Kita kan tidak bisa mengontrol hal-hal seperti itu,” ucap sultan.

“Tetapi enggak papa itu kan ringan, nanti 10-14 hari sudah [sembuh], karena mereka kan tinggal di rumah semua, bukan di rumah sakit,” ucapnya.

Raja Ngayogyakarta Hadiningrat ini berharap agar warga yang positif Covid-19 menjalani isolasi mandiri benar-benar mematuhi prosedur sehingga penularan bisa dicegah. Ia berharap setelah 14 hari kemudian sembuh kembali.

BACA JUGA: Menteri Kelautan dan Perikanan Pungut Sampah di Pantai Parangkusumo

“Otomatis [meningkat] karena OTG, semoga tidak menjalar lebih jauh karena itu mereka harus tertib biar pun isoman. Karena memang cepat menular tetapi ringan, kalau diswab harapan saya 14 hari sudah bisa hijau [sembuh] asal tidak komorbid,” katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, kasus Covid-19 harian di DIY kembali melonjak. Pada Jumat (28/1/2022) dilaporkan kenaikan hingga 69 kasus dalam sehari atau meningkat hingga dua kali lipat dibanding sehari sebelumnya yang hanya 25 kasus baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement