Advertisement

Covid-19 di Jogja Naik Berlipat, Sri Sultan: Jangan Khawatir Berlebihan

Sunartono
Jum'at, 28 Januari 2022 - 18:57 WIB
Bhekti Suryani
Covid-19 di Jogja Naik Berlipat, Sri Sultan: Jangan Khawatir Berlebihan Sri Sultan HB X. - Ist/Diskominfo DIY

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Gubernur DIY Sri Sultan HB X mengimbau kepada warga DIY agar tidak khawatir berlebihan dalam merespons kenaikan kasus Covid-19. Antisipasi penanganan sudah dilakukan oleh pemerintah daerah bersama kabupaten dan kota.

“Enggak usah kita punya kekhawatiran yang berlebihan karena memang ini kondisinya [memang] harus diantisipasi, tetapi gejalanya [terutama Omicron] mungkin orang tidak memperhatikan,” katanya di Kompleks Kepatihan, Jumat (28/1/2022).

Advertisement

Terutama untuk mendeteksi masuknya Omicron, lanjut Sultan, memang tidak mudah. Salah satu gejala Omicron memang menyerupai flu dan batuk. Namun tidak semua masyarakat ketika sakit langsung berasumsi dirinya Covid-19 sehingga tidak memeriksakan diri. Hal ini menurutnya sulit untuk dipantau.

“Misalnya saya sedikit batuk tetapi tidak berasumsi Omicron, misalnya begitu lho, tetapi diam saja, [lalu] berfikir ah paling-paling hanya batuk, minum obat batuk misalnya gitu lho, kan juga bisa. Kita kan tidak bisa mengontrol hal-hal seperti itu,” ucap sultan.

“Tetapi enggak papa itu kan ringan, nanti 10-14 hari sudah [sembuh], karena mereka kan tinggal di rumah semua, bukan di rumah sakit,” ucapnya.

Raja Ngayogyakarta Hadiningrat ini berharap agar warga yang positif Covid-19 menjalani isolasi mandiri benar-benar mematuhi prosedur sehingga penularan bisa dicegah. Ia berharap setelah 14 hari kemudian sembuh kembali.

BACA JUGA: Menteri Kelautan dan Perikanan Pungut Sampah di Pantai Parangkusumo

“Otomatis [meningkat] karena OTG, semoga tidak menjalar lebih jauh karena itu mereka harus tertib biar pun isoman. Karena memang cepat menular tetapi ringan, kalau diswab harapan saya 14 hari sudah bisa hijau [sembuh] asal tidak komorbid,” katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, kasus Covid-19 harian di DIY kembali melonjak. Pada Jumat (28/1/2022) dilaporkan kenaikan hingga 69 kasus dalam sehari atau meningkat hingga dua kali lipat dibanding sehari sebelumnya yang hanya 25 kasus baru.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement