Advertisement

Kasus Melonjak, DIY Siapkan Isoter untuk 3.000 Warga Positif Covid-19  

Sunartono
Kamis, 03 Februari 2022 - 22:27 WIB
Bhekti Suryani
Kasus Melonjak, DIY Siapkan Isoter untuk 3.000 Warga Positif Covid-19    Petugas menyiapkan fasilitas untuk isolasi pasien COVID-19 saat persiapan Shelter Isolasi COVID-19 di University Club (UC) Hotel Universitas Gadjah Mada (UGM), Sleman, D.I Yogyakarta, Rabu (14/7/2021). / ANTARA FOTO - Andreas Fitri Atmoko

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Memasuki gelombang ketiga Covid-19 DIY menyiapkan tempat Isolasi Terpadu (Isoter) yang tersebar di berbagai wilayah DIY. Total diperkirakan mampu menampung 3.000 warga yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji menjelaskan koordinasi dengan kabupaten dan kota telah dilakukan dalam rangka menyiapkan isoter untuk mengantisipasi lonjakan Covid-19. Isoter ini tersebar di berbagai wilayah DIY yang saat ini dikoordinasikan oleh pemerintah kabupaten dan kota. Total kapasitas yang tersedia untuk 3.000 orang dengan rata-rata 600 orang setiap kabupaten/kota.

“Di Kulonprogo saja mampu menampung total 800 orang, untuk Kota Jogja juga disiapkan Sleman Wisma Haji. Kalau di rata-rata masing-masing kabupaten dan kota mampu menampung 600-an sehingga saat ini siap untuk menampung 3.000 seluruh DIY,” katanya di Kompleks Kepatihan, Kamis (3/2/2022).

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

 BACA JUGA:24 Truk Terjebak di Sungai Boyong, Hujan Tumpah saat Truk Tengah Mengantre

Aji menambahkan Pemda DIY juga mendapatkan masukan dari PT KAI untuk menggunakan sejumlah gedung yang dapat dimanfaatkan untuk mengantisipasi kemungkinan kabupaten dan kota sudah penuh. Pilihan lain, Hotel Mutiara yang ada di Jalan Malioboro juga siap dipakai untuk Isoter.

“Hotel Mutiara ini dua-duanya siap, tetapi mungkin lebih representatif yang selatan, kamarnya lebih banyak, punya halaman juga,” ujarnya.

Ia mengatakan selain fasilitas infrastruktur, DIY juga bersiap dengan obat-obatan. Melalui Dinas Kesehatan telah mengajukan belanja untuk obat-obatan. Begitu juga dengan BPBD DIY telah menyiapkan Alat Pelindung Diri (APD). “Termasuk telemedicine kami siapkan sehingga sewaktu-waktu pasien yang isolasi mandiri bisa dipantau diberikan obat secara gratis,” katanya. 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

BKKBN DIY Gelar Wisuda Ratusan Lansia

BKKBN DIY Gelar Wisuda Ratusan Lansia

Jogjapolitan | 1 hour ago

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Panggil Zumi Zola Terkait Dugaan Suap Pengesahan RAPBD Provinsi Jambi

News
| Selasa, 27 September 2022, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement