Advertisement

Sajikan Keindahan Pantai Selatan, Ini Spesifikasi Kelok 18 di Gunungkidul Bantul

Sunartono
Jum'at, 04 Februari 2022 - 20:57 WIB
Budi Cahyana
Sajikan Keindahan Pantai Selatan, Ini Spesifikasi Kelok 18 di Gunungkidul Bantul Alat berat diterjunkan untuk mempermudah pembangunan JJLS di ruas Tepus-Jerukwudel, di Tepus, Gunungkidul, 29 Desember 2021. JJLS akan memiliki Kelok 18 yang menghubungkan Gunungkidul dan Bantul - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kelok 18 yang dibangun di Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) perbatasan Gunungkidul Bantul akan menyajikan keindahan wisata alam berupa pemandangan pantai selatan DIY.

Kelok 18 ditarget selesai seiring dengan tersambungkannya JJLS sepanjang 120 kilometer (km) di DIY. Proyek tersebut dikerjakan Pemerintah Pusat dengan daerah. Pemda DIY membebaskan lahan, sedangkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pengerjaan proyek fisiknya.

Advertisement

BACA JUGA: Kabar Terbaru Kelok 18 di Gunungkidul Bantul, Sudah Masuk Persiapan Lelang

Spesifikasi Kelok 18 tak ubahnya JJLS. Jalan tersebut akan menggunakan dua lajur sepanjang tujuh meter dengan panjang antara 5,3 kilometer hingga 5,8 kilometer. Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Energi Sumber Daya Mineral (PUP-ESDM) DIY telah membebaskan lahan sejak sejak 2017 silam menggunakan Dana Keistimewaan.

Kepala Satker Pelaksana Jalan Nasional (PJN) DIY Muhammad Shidiq Hidayat mengatakan Kementerian PUPR mengharuskan  Kelok 18 dibangun dengan mempertimbangkan keindahan. “Arahan Pak Menteri seperti itu. Dibuat yang cantik, yang indah karena itu di Jogja, ada Parangtritis juga,” ungkapnya kepada Harian Jogja, Kamis (3/2/2022).

Desain Kelok 18 saat ini masih dirancang Kementerian PUPR. Ia memperkirakan desain tersebut baru diterima ketika proses lelang dimulai. Proses lelang masih menunggu pembebasan lahan yang dilakukan Pemda DIY.

Kelok 18 di JJLS Gunungkidul dan Bantul akan menjadi daya tarik tersendiri. Kepala Dinas PUP-ESDM DIY Anna Rina Herbranti mengatakan pengadaan lahan Kelok 18 masih menyisakan dua kilometer. Kekurangan ini merupakan lahan tambahan di kiri dan kanan. Lantaran lokasinya di perbukitan, Kelok 18 harus punya ruas kiri dan kanan yang lebih lebar agar jalannya tak menikung.

BACA JUGA: JJLS Gunungkidul Punya Panjang 80 Km, Tersambung Sepenuhnya 2 Tahun Lagi

Anna mengatakan selain mempertimbangan keindahan, pembangunan Kelok 18 juga memperhatikan keamanan pengguna jalan. Kelok 18 di JJLS Gunungkidul Bantul akan semakin memudahkan mobilitas masyarakat dan meningkatkan sektor pariwisata di selatan DIY.

“Di Padang, Kelok 9 menjadi daya tarik wisatawan. Ya mudah-mudahan Kelok 18 ini nantinya juga seperti itu,” ucap Anna.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement