Advertisement

Omicron Merebak, Sultan HB X: Sulit Membatasi Wisatawan Masuk DIY

Sunartono
Jum'at, 11 Februari 2022 - 06:07 WIB
Budi Cahyana
Omicron Merebak, Sultan HB X: Sulit Membatasi Wisatawan Masuk DIY Gubernur DIY Sri Sultan HB X - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Gubernur DIY Sri Sultan HB X memgaku sulit membatasi wisatawan yang masuk ke DIY seiring merebaknya Omicron yang berasal dari pelaku perjalanan. Jalan satu-satunya adalah warga DIY harus bisa menjaga diri dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Kita sulit mencegah hal seperti ini [wisatawan] karena kita tidak mungkin mengontrol semua perjalanan mereka baik lewat pesawat kereta api. Jadi harapan saya, warga masyarakat Jogja melaksanakan prokesm pakai masker, jaga diri sendiri itu jadi sesuatu yang penting,” katanya di Kepatihan, Kamis (10/2/2022).

Advertisement

BACA JUGA: 73 Sampel Covid-19 di DIY Positif Omicron, Sultan: Kebanyakan Wisatawan

“Kita sudah masuk kondisi ketika masyarakat lebih bebas beraktivitas apapun, jadi tidak mudah untuk membatasi. Mungkin akan terjadi gejolak yang besar kalau dari luar kita cegah untuk masuk. Tidak boleh masuk sudah tidak mungkin lagi.”

HB X mengatakan salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan skrining seperti yang dilakukan Pemkot Jogja dengan meminta bus pariwisata masuk ke Jogja lebih dahulu ke Terminal Giawangan.

BACA JUGA: Perkembangan Terbaru Tol Jogja Solo, Lahan di Selomartani & Tirtomartani Dicocokkan

Akan tetapi Sultan meyakini sebagian besar bus pasti memilih untuk menghindari masuk ke Terminal Giwangan. Di sisi lain tidak mungkin petugas untuk mencegat bus-bus tersebut agar masuk ke Giwangan.

“Pencegahan seperti itu tidak semudah diperkirakan dalam teori. Yang penting harus hati-hati karena Omicron sudah masuk Jogja, gitu saja,” ucapnya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement