Advertisement

73 Sampel Covid-19 di DIY Positif Omicron, Sultan: Kebanyakan Wisatawan

Sunartono
Kamis, 10 Februari 2022 - 18:27 WIB
Bhekti Suryani
73 Sampel Covid-19 di DIY Positif Omicron, Sultan: Kebanyakan Wisatawan Gubernur DIY, Sri Sultan HB X,s aat ditemui wartawan di Kantor Gubernur DIY, Kamis (21/1/2021). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Gubernur DIY Sri Sultan HB X mengungkap sebagian besar kasus omicron yang terdeteksi di Jogja merupakan pelaku perjalanan. Mereka memeriksakan tes PCR secara mandiri kemudian oleh petugas dilakukan pemeriksaan lanjutan melalui Whole Genome Sequencing (WGS).

Sultan menjelaskan sebagian besar yang terdeteksi omicron pada 73 sampel tersebut merupakan pelaku perjalanan atau wisatawan. Mereka secara mandiri melakukan tes swab di klinik maupun rumah sakit di Jogja. Dari swab tersebut ternyata hasilnya positif, kemudian melakukan isolasi mandiri dan kembali ke daerahnya setelah dinyatakan negatif Covid-19. Adapun salah satu syarat yang sering dijadikan sampel WGS adalah pasien dengan hasil swab CT Value di bawah 30 maupun telah diperiksa SGTF hasilnya probable omicron.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

“Dari sebagian orang yang berwisata ke Jogja itu kalau mau pulang ada yang periksa mandiri, dari hasil setelah beberapa hari karena pemeriksaan [WGS] lebih rumit sehingga mereka pulang [setelah negatif Covid-19]. Labnya [WGS] baru bisa menyelesaikan, kan kira-kira begitu. Tetapi juga ada yang memang sehat juga ada positif Omicron dari hasil lab WGS itu,” kata Sultan di Kepatihan, Kamis (10/2/2022).

BACA JUGA: Setelah Kasihan, Polisi Juga Menggeledah Rumah Terduga Teroris di Sewon

“Jadi ini hasil dari wisatawan luar Jogja yang masuk ke Jogja mereka sebelum meninggalkan Jogja mengambil inisiatif untuk swab di rumah sakit atau klinik di Jogja,” imbuh Sultan.

Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembajun Setyaningastutie mengaku tidak dapat menyimpulkan kepastian waktu masuknya Omicron, namun hasil sampel tersebut ia terima total pada Selasa (8/2/2022) lalu. Sebagian besar memang pelaku perjalanan yang sulit dilakukan pemantauan. Saat mereka pulang ke daerah asalnya pun tidak bisa dipantau. Akan tetapi jika data sampel telah didapatkan secara detail, DIY akan memberikan notifikasi kepada provinsi asal dari warga tersebut.

“Dia periksa di sini positif, ketika sudah sembuh dia sudah balik sebagian besar seperti itu, ada notifikasi, hasil ini luar DIY dibantu notifikasi itu yang kami lakukan. Agar mereka mendapat perlakuan misalnya karantina di daerah asalnya, dengan notifikasi antarprovinsi,” ujarnya.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Fly Over Janti Mulai Dipenuhi Mural

Fly Over Janti Mulai Dipenuhi Mural

Jogjapolitan | 5 hours ago

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Slank 39 Tahun, Slankprenuer Akan Diluncurkan di Prambanan

News
| Kamis, 08 Desember 2022, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Jalan Layang Paling Membingungkan di Dunia, Perlu 10 Menit Keluar Kalau Salah Jalur

Wisata
| Rabu, 07 Desember 2022, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement