Advertisement

Pemda DIY Pastikan Tanah 600 Meter Akan Dibebaskan, JJLS di Gunungkidul Dijamin Tersambung

Sunartono
Senin, 14 Februari 2022 - 16:57 WIB
Budi Cahyana
Pemda DIY Pastikan Tanah 600 Meter Akan Dibebaskan, JJLS di Gunungkidul Dijamin Tersambung Warga melintas di kawasan Tepus Gunungkidul yang masih dalam proses pembangunan Jalur Jalan Lingkar Selatan (JJLS), Desember 2021. - Harian Jogja/Nina Atmasari

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemda DIY memastikan tanah sepanjang 600 meter untuk pembangunan Jalur Jalan Lingkar Selatan atau JJLS di Gunungkidul akan dibebaskan dan uang ganti ruginya dibayarkan pada 2023 mendatang.

Pemerintah menilai sudah tidak ada persoalan dengan tanah sepanjang 600 meter tersebut sehingga warga tidak perlu resah.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Energi Sumber Daya Mineral (PUP-ESDM) DIY Kwaryantini Ampeyanti Putri mengatakan pemerintah daerah terus mengupayakan pembebasan lahan 600 meter untuk menyambung JJLS di Gunungkidul. Tanah itu berada di Planjan, Saptosari, tepat berada di jalan lama yang saat ini masih ada.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

BACA JUGA: JJLS di Gunungkidul Terancam Tidak Tersambung Gara-gara Tanah 600 Meter Ini

Menurutnya, pada 2021 dokumen perencanaan untuk membebaskan lahan sepanjang 600 meter tersebut sudah dibuat. Saat ini sudah tidak ada persoalan lagi dengan pemilik lahan.

“Itu sudah klir, kami sudah membuat dokumen perencanannya untuk pembebasan tanah JJLS di 2021 lalu. Jadi sudah tidak ada persoalan lagi dengan pemilik lahan. Nah, saat ini sedang kami upayakan pembebasannya,” katanya kepada Harianjogja.com, Senin (14/2/2022).

Tanah tersebut sudah pasti akan dibebaskan sesuai dengan titik jalan yang ada alias tidak bergeser dari perencanaan sebelumnya. “Itu hanya menyambung sesuai dengan jalan yang ada saat ini,” ujarnya.

BACA JUGA: JJLS Gunungkidul Bantul Akan Dilengkapi Tempat Pemberhentian untuk Menikmati Pemandangan Laut Selatan

Jika memungkinkan, harga tanah akan dinilai tim appraisal pada 2022 ini sehingga pembayaran ganti rugi dapat dilakukan pada 2023 mendatang. Pemda DIY sebenarnya berusaha untuk menuntaskannya tahun ini agar semua JJLS di Gunungkidul dapat tersambung.

Advertisement

“Sedang diusahakan pembayarannya, untuk pengadaan lahannya kalau bisa tahun ini, kalau tidak ya tahun 2023. Tetapi kami upayaan kalau bisa masuk tahun ini, kalau tidak ya, paling tidak tahun ini ditaksir, kemudian tahun depan, tahun, 2023, bisa pembayarannya,” ucapnya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah Serangkaian Konflik, Presiden Burkina Faso Dilaporkan Mengundurkan Diri

News
| Senin, 03 Oktober 2022, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement