Advertisement

Cucu Sultan Jogja yang Viral karena Makan di Angkringan Pernah 6 Jam Pegang Papan Arah

Herlambang Jati Kusumo
Jum'at, 18 Februari 2022 - 18:47 WIB
Budi Cahyana
Cucu Sultan Jogja yang Viral karena Makan di Angkringan Pernah 6 Jam Pegang Papan Arah Gustilantika Marrel Suryokusumo

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Gustilantika Marrel Suryokusumo, cucu Raja Kraton Jogja Sri Sultan HB X yang viral karena makan di angkringan, pernah bekerja keras ketika menekuni hobi membalap di Inggris, yakni enam jam memegang papan penunjuk arah untuk mahasiswa baru.

Marrel adalah cucu Sri Sultan HB X dari putri keduanya, GKR Condrokirono yang menikah dengan Eri Triawan. Seperti ayahnya, Marrel yang berusia 26 tahun ini juga memiliki hobi balap.

Advertisement

BACA JUGA: Viral karena Makan di Angkringan, Cucu Sultan Jogja Bingung Cari Nasi Saat Jadi Pembalap di Inggris

Marrel memulai dari mini bike trail. Baru setelah itu, ia masuk di adu cepat roda empat. Gokart dia jajal saat dia masih duduk di bangku kelas II SD.

Saat masuk SMP dan SMA, ia sempat vakum di dunia otomotif dan menyeberang ke musik. Ketika akan lulus SMA, Marrel kembali ke dunia otomotif. Ia juga bergabung dengan komunitas Double Cabin Indonesia dan sering mengikuti offroad.

Setelah menyelesaikan pendidikannya di SMA DeBritto, putra dari GKR Condrokirono—putri kedua Sri Sultan HB X—itu melanjutkan pendidikan di Inggris. Gelar S1 dia dapat dari University of West of England dan titel S2 dia terima dari King’s College University pada 2020. Keduanya di jurusan Hubungan Internasional. Di sela-sela kesibukannya menjalani kuliah, Marrel tetap menekuni hobinya di dunia otomotif.

Kegemarannya di dunia balap juga didukung lingkungan tempat ia kuliah. Di Inggris, hampir seluruh universitas memiliki tim balap. Ia mencoba ikut seleksi kejuaraan nasional gokar khusus mahasiswa. Marrel pun menjadi satu-satunya orang Asia yang lolos seleksi. Dia masuk Tim A.

British Universities Karting Championship (BUKC) atau Kejuaraan Nasional Gokar Khusus Mahasiswa menjadi tempat Marrel mengasah kemampuan. Kurang lebih lima tahun selama di Inggris, ia terus membalap. Sesekali bahkan ia menyempatkan terbang kembali ke Indonesia untuk mengikuti kejuaraan speed offroad.

Hobi itu butuh energi banyak, juga uang yang tidak sedikit. Meski jadi cucu Sultan, tidak lantas Marrel berpangku tangan menjalani hobinya itu. Ia rela berhemat, dan mandiri bekerja demi memenuhi Hasrat menyalurkan hobinya.

“Pernah kerja pegang papan arah untuk mahasiswa baru. Saya berdiri enam jam. Angkut-angkut kursi juga kalau ada simposium, atau apa yang lain, kan butuh tenaga. Lumayan itu [honornya],” ucap Marrel yang bergabung dengan Beagle Jogja Rally Team, saat diwawancarai Harian Jogja di kantornya, Sri Andhini Sakti, Jalan Magelang Km 7, Sendangadi, Mlati, Sleman, April 2021 lalu.

BACA JUGA: Jogja Akan Alami Hari Tanpa Bayangan Tak Lama Lagi, Ini Tanggalnya

Marrel menjadi pembicaraan setelah videonya makan di angkringan viral. Video cucu Sultan Jogja yang makan di angkringan itu kali pertama dibagikan akun @danangpurwoko.id di Instagram. “Jarang terekspos, Cucu SULTAN terciduk sarapan di angkringan.. haaaa.. koyokke siap2 meh ngegas ni mas @marrel.sk ??,” tulis akun @danangpurwoko.id dalam unggahannya.

Dalam video berdurasi 1 menit 27 detik itu, Marrel terlihat makan sambil lesehan beralaskan tikar di trotoar. Ia juga melayani pertanyaan sejumlah warga yang merasa kaget dengan kehadirannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Bongkar Kasus Korupsi PT Timah Menyeret Harvey Moeis, Ini Komentar Kementerian BUMN

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement