Advertisement

Teras Malioboro Muncul Kerumunan, Disbud Akan Patuhi Imbauan Sultan

Yosef Leon
Jum'at, 25 Februari 2022 - 18:27 WIB
Bhekti Suryani
Teras Malioboro Muncul Kerumunan, Disbud Akan Patuhi Imbauan Sultan Suasana Teras Malioboro 1, Jogja, Sabtu (19/2/2022) malam - Harian Jogja/Sirojul Khafid.\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Dinas Kebudayaan (Disbud) atau Kundha Kabudayan DIY menyatakan, akan mengikuti imbauan Gubernur soal penghentian sementara atraksi seni dan budaya di Teras Malioboro menyusul timbulnya kerumunan massa yang berpotensi menimbulkan penyebaran Covid-19. 

"Kami akan ikuti arahan Pak Gubernur dan memang pas penyelenggaraan di Teras Malioboro beberapa waktu yang lalu jumlah penonton memang sangat banyak dan antusiasmenya tinggi," kata Sekretaris Disbud DIY, Cahya Widayat, Jumat (25/2/2022). 

Advertisement

Cahya menyatakan, pihaknya baru menyelenggarakan atraksi seni dan budaya sebanyak dua kali di tempat itu. Tujuannya demi menarik minat pengunjung sebanyak mungkin sehingga berdampak pada dagangan PKL. 

Padahal, direncanakan bakal ada 10 gelaran seni dan budaya yang akan diselenggarakan lagi oleh Disbud DIY dan Disbud Kota Jogja di Teras Malioboro I dan II. Namun begitu, karena kondisi Covid-19 yang melonjak membuat penyelenggaraan akan dihentikan sementara sampai waktu yang belum bisa ditentukan. 

BACA JUGA: Ngeri! Daging Sapi Tembus Rp140.000 per Kilo

"Benar, akan kami berhentikan sementara dan kami akan menunggu arahan lebih lanjut soal penyelenggaran ulangnya," ungkap dia. 

Sebelumnya, Gubernur DIY Sri Sultan HB X meminta kegiatan atraksi seni di Teras Malioboro untuk dihentikan sementara waktu karena adanya lonjakan kasus Covid-19. Penghentian itu dilakukan demi mencegah terjadinya kerumunan.

Sultan mengatakan atraksi seni terpaksa dihentikan sementara karena berisiko terjadi kerumunan. “Minggu berkerumun karena di Malioboro diselenggarakan berkesenian saya minta diberhentikan saja, karena semua berkerumun di situ jadi risikonya besar. Tolong teman-teman pers [media] bagaimana [mengedukasi] masyarakat agar mau menjaga prokes, memakai masker itu penting,” kata Sultan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Gorontalo

News
| Kamis, 25 April 2024, 04:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement