Advertisement

RSUD Wonosari Klaim Pasien Tertangani dengan Baik

David Kurniawan
Selasa, 01 Maret 2022 - 10:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
RSUD Wonosari Klaim Pasien Tertangani dengan Baik RSUD Wonosari, Gunungkidul - JIBI/Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit terus bertambah. Meski demikian, pihak rumah sakit memastikan fasilitas pelayanan masih tersedia dengan baik.

Salah satu lonjakan perawatan terihat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wonosari. Pasalnya, dari 62 tempat tidur yang disediakan, sudah terisi sebanyak 40 pasien. Jumlah ini masih bisa bertambah dikarenakan laju penularan virus corona belum menunjukkan tanda-tanda penurunan.

Direktur RSUD Wonosari, Heru Sulistyowati mengatakan, seiring melonjaknnya kasus aktif, juga berdampak terhadap jumlah pasien corona di rumah sakit. Ia mengakui dalam beberapa hari terakhir terjadi lonjakan signifikan terhadap warga terinfeksi yang membutuhkan perawatan medis.

“Total hingga saat ini ada 40 pasien yang dirawat,” kata Heru kepada wartawan, Selasa (1/3/2022).

Meski demikian, ia memastikan ruang perawatan masih memadai karena untuk sementara waktu sudah menyiapkan 62 tempat tidur perawatan. Dampak dari lonjakan ini, RSUD juga telah menambah bangsal untuk merawat pasien Covid-19.

Baca juga: Covid-19 di DIY Naik, Begini Update Ketersediaan Bed di Rumah Sakit

“Sebelumnya hanya di bangsal Mawar dan Dahlia, tapi sekarang bangsal Amarylis juga sudah difungsikan untuk perawatan pasien corona,” ungkapnya.

Disinggung mengenai ketersediaan fasilitas penudukung perawatan, Heru mengakui tidak ada masalah. Meski ada penambahan pasien, kapasitas oksigen yang dimiliki masih sangat memadai. Sedangkan untuk obat-obatan pendukung juga tidak ada masalah.

Malahan, sambung dia, RSUD sedang mengusahakan penambahan alat pembuat oksigen sehingga kapasitas produksi bisa bertambah signifikan. Meski demkian, Heru mengakui masih dalam proses karena barang harus didatangan dari luar negeri dan sekarang masih harus melalui pemeriksaan bea cukai.

“Mudah-mudahan minggu ini selesai dan bisa dikirim ke Semarang untuk dicek oleh penyedia layanan. Setelah semuanya lancar, maka bisa dibawa ke RSUD untuk dipasang,” katanya.

Advertisement

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty mengatakan, jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit terus bertambah setiap harinya. Pasanya, dari sebanyak 1.422 warga yang berstatus pasien corona aktif. Dari jumlah ini yang dirawat di rumah sakit sebanyak 66 orang. Sedangkan sisanya sebanyak 1.356 orang menjalani isolasi mandiri.

“Memang ada peningkatan dan yang dirawat di rumah sakit merupakan pasien dengan gejalan sedang hingga berat,” kata Dewi.

Total hingga Selasa pagi di Gunungkidul 19.837 orang. Adapun rinciannya, sebanyak 17.361 orang dinyatakan sembuh dan kematian akibat corona ada 1.054 kasus. “Ada tujuh rumah sakit yang memberikan perawatan corona dengan jumlah tempat tidur sebanyak 155 unit. Yang terisi hingga searang ada 66 tempat tidur,” katanya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

TRAGEDI KANJURUHAN: Lakukan Investigasi Kapolri Dalami Prosedur Pemakaian Gas Air Mata

News
| Minggu, 02 Oktober 2022, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Perhatian! Sewa Jip di Tebing Breksi Bakal Naik Rp50.000 Mulai 1 November 2022

Wisata
| Minggu, 02 Oktober 2022, 18:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement