Advertisement

Sisi Lain Dokter Terawan yang Dipecat IDI: Kreatif saat Kuliah di Jogja

Bernadheta Dian Saraswati
Sabtu, 26 Maret 2022 - 15:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Sisi Lain Dokter Terawan yang Dipecat IDI: Kreatif saat Kuliah di Jogja Menteri Kesehatan Terawan. - Detikcom/Andhika

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto atau yang akrab disapa dokter Terawan resmi diberhentikan secara permanen dari keanggotaan Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Namanya kini trending di Twitter.

Hingga berita ini ditulis, nama Terawan sudah ditweet lebih dari 6.000 kali. Ia banyak disinggung di dunia maya perihal saat pengabdiannya sebagai dokter yang banyak membantu menyembuhkan beberapa kalangan tokoh publik.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Namun terlepas dari segala permasalahannya, Terawan sudah dikenal berprestasi sejak ia mengenyam pendidikan di Jogja. Diberitakan Harianjogja.com sebelumnya, pria yang juga berkiprah di TNI Angkatan Darat hingga mendapat pangkat Letnan Jenderal ini merupakan alumnus SMA Bopkri 1 Yogyakarta atau Bosa.

Terawan merupakan alumnus sekolah yayasan Kristen tersebut 37 tahun silam. Ia masuk ke SMA Bopkri 1 Jogja pada 1980. Kelas 2 SMA, Terawan mengambil jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Kepala SMA Bopkri 1 Jogja, Andar Rujito, menilai Mayjen TNI Terawan Agus Putranto, adalah sosok yang religius, ia pasrah atas rencana Tuhan. Dia meyakini semua rencana Tuhan selalu yang terbaik.

Baca juga: Jadi Menteri Kesehatan, Dokter Terawan Ternyata Alumnus SMA Bopkri 1 Jogja

Masa kuliah ia jalani di Universitas Gadjah Mada (UGM). Teman karibnya, Hasto Wardoyo yang saat ini menjadi Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), mengakui bahwa Terawan sudah kreatif sejak sekolah. Hasto merupakan sahabat dekat Menkes Terawan yang sama-sama satu angkatan tahun 1983 di Fakultas Kedokteran UGM Yogyakarta.

"Beliau sangat kreatif sejak dulu, tidak hanya sekarang. Pak Terawan menang lomba karya inovasi produksi tingkat nasional," kata Hasto Senin (28/10/2019) silam.

Advertisement

Menurut Hasto, Terawan membuat inkubator bayi dari lampu templok yang memenangi lomba karya inovasi.

Letnan Jenderal TNI Prof. Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad adalah Menteri Kesehatan Republik Indonesia pada Kabinet Indonesia Maju Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Maruf Amin yang menjabat mulai 23 Oktober 2019 hingga 23 Desember 2020.

Posisinya sebagai Menkes kemudian digantikan oleh Budi Gunadi Sadikin. Terbaru, ia diberhentikan secara permanen dari keanggotaan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) berdasarkan keputusan Muktamar XXXI PB IDI yang berlangsung di Kota Banda Aceh pada 22-25 Maret 2022.

Advertisement

Kabar pemecatan Terawan disampaikan epidemiolog dari Universitas Indonesia (UI) dokter Pandu Riono lewat cuitannta di akun @drprioono1, Jumat (25/3/20220.“Pelanggaran etika berat,” ucap Pandu

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Awan Panas Semeru Masih Keluar, BPBD Lumajang Tetapkan Masa Tanggap Darurat 14 Hari

News
| Senin, 05 Desember 2022, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement