Advertisement

Geruduk Balai Kota Jogja, Pendorong Gerobak Malioboro Sempat Panas dengan Satpol PP

Yosef Leon
Senin, 28 Maret 2022 - 14:27 WIB
Galih Eko Kurniawan
Geruduk Balai Kota Jogja, Pendorong Gerobak Malioboro Sempat Panas dengan Satpol PP Sejumlah pendorong gerobak PKL Malioboro berdemonstrasi di kompleks Balai Kota Jogja, Senin (28/3/2022). - Harian Jogja - Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Puluhan Pendorong gerobak pedagang kaki lima (PKL) Malioboro menggeruduk kompleks Balai Kota Jogja untuk berdemonstrasi, Senin (28/3/2022).

Para pendorong gerobak telah mulai berkumpul sejak pukul 09.00 WIB. Sempat terjadi perdebatan antara peserta aksi dan petugas Satpol PP yang melarang pendorong gerobak untuk demo di kawasan itu.

Advertisement

Setelah perdebatan panjang, aksi unjuk rasa dimulai sekira pukul 10.30 WIB. Para pendorong gerobak berbaris dengan rapi sambil membentangkan spanduk di sisi timur komplek balai kota Jogja.

Mereka menagih janji Pemerintah Kota Jogja soal kejelasan nasib yang sampai saat ini terombang-ambing karena terdampak relokasi PKL ke tempat baru.

Ketua Paguyuban Pendorong Gerobak Malioboro (PPGM), Kuat Suparjono, menyampaikan anggotanya resah karena sampai saat ini pemerintah belum menepati janji. Kurang lebih satu bulan sejak pihaknya mengadu ke Pemkot Jogja namun tidak ada kepastian mengenai pekerjaan.

"Kami hanya minta kejelasan saja, sudah terlalu lama kami menunggu. Pendorong gerobak juga menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari penggerak ekonomi Malioboro sehingga kami minta diperhatikan," ujar Kuat ditemui di sela-sela aksi, Senin.

Menurut Kuat, pihaknya telah menyampaikan kepada pemerintah para pendorong gerobak minta diberikan lapak dagangan di Teras Malioboro I atau II. Namun, ia mengakui peluangnya tipis sehingga pihaknya melunak dan bersedia jika diberikan pekerjaan sebagai tenaga kebersihan di Malioboro.

Wakil Wali Kota Jogja Heroe Poerwadi mengaku telah menerima audiensi dari para pendorong gerobak itu beberapa waktu lalu. Dia juga memastikan nasib pendorong gerobak tetap diperhatikan pemerintah. Saat ini pihaknya tengah mencari alternatif pemberdayaan bagi para pendorong gerobak berikut aspek teknisnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Selebgram Ini Bagikan Kondisi Putrinya yang Masih Balita Dianiaya oleh Pengasuh

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 22:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement