Advertisement

Tak Hanya Diterjang Angin Kencang, Gunungkidul Juga Diguyur Hujan Es

David Kurniawan
Senin, 28 Maret 2022 - 20:17 WIB
Bhekti Suryani
 Tak Hanya Diterjang Angin Kencang, Gunungkidul Juga Diguyur Hujan Es Ilustrasi angin kencang. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Hujan deras dan angin kencang terjadi di Gunungkidul pada Senin (28/3/2022) sore. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun dilaporkan di sejumlah kapanewon terjadi pohon tumbang. Sedangkan di Kapanewon Semanu sempat terjadi hujan es.

Salah satu warga Kalurahan Semanu, Semanu, Arista Putri mengatakan, hujan deras terjadi sekitar pukul 15.00 WIB. Fenomena tak biasa pun terjadi karena warga melihat butiran-butiran es yang jatuh dari langit.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

“Genteng seperti dilempari batu-batu kecil. Setelah terlihat ternyata ada butiran-butiran es yang jatuh,” kata Putri kepada wartawan, Senin petang.

Menurut dia, cuaca sempat mencekam karena setelah hujan es reda. Sekitar 30 menit kemudian kembali terjadi hujan yang disertai dengan embusan angin kencang. “Langit kelihatan gelap dan hujan kembali turun disertai dengan suara petir,” katanya.

BACA JUGA: 5 Tempat Wisata yang Kerap Dijadikan Tempat Padusan Favorit di Jogja

Terpisah, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, BPBD Gunungkidul, Sumadi mengatakan, hujan deras yang mengguyur wilayah Gunungkidul mengakibatkan pohon sejumlah kapanewon. Data sementara yang berhasil dihimpun pohon tumbang terjadi di Kapanewon Nglipar, Semanu, Wonosari dan Karangmojo.

“Hujannya memang deras dan disertai dengan angin kencang,” katanya.

Disinggung mengenai potensi rumah rusak akibat tertimpa pohon tumbang atau embusan angin kencang, Sumadi mengakui tim dari BPBD masih melakukan pendataan di lapangan. “Untuk sementara tidak ada korban jiwa. Tapi, untuk kerusakan juga masih didata. Yang jelas, hujan kencang mengakibatkan terjadinya pohon tumbang di sejumlah titik.. Sekarang juga masih proses evakuasi,” katanya.

Advertisement

Dia berharap kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati dan waspada terkait dengan potensi cuaca ekstrem hingga April mendatang. “Upaya mitigasi terus dilakukan. Tapi, kami berharap warga harus waspada potensi bencana agar saat terjadi peristiwa dampaknya bisa ditekan sekecil mungkin,” katanya.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Saat Sedah Mirah, Cucu Presiden Jokowi Ikuti Siraman Kaesang

News
| Jum'at, 09 Desember 2022, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Ikut Genjot Kualitas SDM Desa Wisata, Ini yang Dilakukan oleh BCA

Wisata
| Kamis, 08 Desember 2022, 23:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement